Kompas.com - 23/10/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi burung Budgie (Parkit) Unsplash/Bianca AckermannIlustrasi burung Budgie (Parkit)

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung menjadi salah satu hewan yang memiliki banyak keunikan, salahnya kemampuan berbicara atau mengulangi ucapan manusia. 

Hal ini juga yang membuat burung menjadi hewan peliharaan unik di antara jenis hewan peliharaan lainnya. Namun, tidak semua ras burung memiliki kemampuan berbicara meski telah dilatih. 

Bila Anda tertarik memelihara burung jenis ini, melansir dari The Spruce Pets, Sabtu (23/10/2021), berikut tujuh ras burung peliharaan yang mampu berbicara atau meniru ucapan. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Mengajari Burung Peliharaan Berbicara  

Budgie (Parkit)

Ilustrasi burung Budgie (Parkit)Unsplash/Dalton Touchberry Ilustrasi burung Budgie (Parkit)
Ras burung Budgie juga dikenal sebagai budgerigars atau Parkit sebenarnya dapat berbicara meski tidak lebih baik dari beberapa spesies burung beo yang lebih besar.

Namun, beberapa budgie diketahui dapat mengembangkan kosakata ratusan kata. Dengan suaranya yang kasar, terkadang sulit memahami apa yang sebenarnya dikatakan burung Budgie, tetapi mereka yang memelihara dan merawatnya sering kali mengajak budgie untuk teman mengobrol.  

Baca juga: 5 Jenis Burung yang Ramah dan Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Burung beo Eclectus

Anda mungkin berpikir bahwa hal yang paling menarik tentang burung beo Eclectus adalah warnanya yang indah dan perbedaan mencolok antara bulu jantan dan betina.

Ternyata burung beo Eclectus juga memiliki kemampuan bicara yang kuat serta mudah meniru ucapan pemiliknya. Sayangnya, burung beo ini memiliki usia hidup yang lebih pendek.

Baca juga: 5 Tanda Burung Peliharaan sedang Depresi

Kakatua

Ilustrasi burung kakatuaUnsplash/Magda V Ilustrasi burung kakatua
Berasal dari Australia, kakatua adalah ras burung beo besar lainnya yang telah menunjukkan kemampuan berbicara di penangkaran.

Meski dilaporkan sulit melatih Kakatua berbicara, burung ini hanya memiliki suara berbicara yang lebih lembut dan merdu daripada burung beo lainnya.

Mereka yang memelihara burung kakatua harus menggunakan keterampilan mendengarkan yang cermat untuk mendengar dan memahami kata-kata lembut dari burung Kakatua.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.