Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Fakta Burung Parkit yang Setia dengan Pasangannya

Kompas.com - 27/07/2022, 15:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.comBurung parkit, juga disebut parakit (parakeet), merupakan salah satu jenis hewan yang populer dipelihara di kalangan masyarakat bersamaan dengan kucing, anjing, hamster, kelinci, dan ikan.

Sebab, burung ini terkenal akan sifatnya yang jinak dan warnanya yang mencolok. Kamu dapat dengan mudah menemukan burung parkit dengan bulu berwarna hijau, biru, bahkan campuran biru dan putih.

Baca juga: 4 Benda Beracun dan Berbahaya untuk Burung Parkit

Tak ayal, beberapa orang memelihara burung parkit untuk menemani kehidupan sehari-hari sekaligus mempercantik rumah melalui semburat warna yang dihasilkan oleh bulu burung ini.

Kendati demikian, keunikan burung parkit tidak berhenti pada warna bulunya yang cantik. Dikutip dari Pet Keen, Rabu (27/7/2022), ada sejumlah fakta menarik burung parkit yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut.

Ilustrasi burung parkit. PIXABAY/WEBANDI Ilustrasi burung parkit.

1. Setia dengan pasangannya

Burung parkit adalah hewan monogami. Ketika menemukan pasangan, mereka akan setia dan tinggal bersama pasangannya sepanjang hidupnya.

Oleh karena itu, jika ingin memelihara burung parkit, sebagian besar pemilik merekomendasikan untuk membelinya secara berpasangan.

Baca juga: 5 Tips Memelihara Burung Parkit bagi Pemula

2. Terdiri dari berbagai macam jenis burung

Saat ini, ada 16 spesies burung parkit yang berbeda. Bahkan, pengembang biak dapat mecampur setiap spesies untuk menciptakan lebih banyak jenis burung parkit. Setiap spesies memiliki keunikan dan warnany tersendiri.

3. Memiliki dua kelompok warna

Halaman:
Sumber Pet Keen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com