Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2023, 17:37 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang perlu dirawat dengan baik agar tetatp bagus dan awet.

Salah satu cara merawat pakaian adalah menyimpannya dengan benar di lemari pakaian. Hal ini juga dapat membantu menemukan pakaian lebih cepat. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning tanpa Pemutih

Namun, menyimpan pakaian di lemari pakaian dapat memakan banyak ruang, terutama di ruang kecil. Jika tidak memiliki cukup ruang untuk lemari pakaian, ada beberapa ide menyimpan pakaian tanpa lemari.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (16/11/2023), berikut lima ide menyimpan pakaian tanpa lemari agar tetap rapi dan bersih.

Gunakan rak baju susun dengan roda

Rak baju susun yang memiliki roda di bagian bawahnya adalah solusi penyimpanan pakaian yang serbaguna dan dapat digunakan di mana saja.

Rak yang memiliki roda dapat dipindahkan dengan mudah sehingga sangat cocok digunakan di ruang sempit atau menyimpan pakaian yang sering digunakan.

Rak baju susun dengan roda dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis baju, seperti baju yang disimpan dengan menggantungnya, baju lipat, dan aksesoris. Rak ini dapat diletakkan di sudut ruangan, dekat jendela, atau bahkan dekat dinding. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Berwarna Hitam agar Warnanya Tidak Pudar

Simpan di bawah tempat tidur

Ilustrasi kolong tempat tidur, ruang penyimpanan di kolong tempat tidur.Shutterstock/brizmaker Ilustrasi kolong tempat tidur, ruang penyimpanan di kolong tempat tidur.
Selanjutnya, ide menyimpan pakaian tanpa lemari adalah di bawah tempat tidur. Ini menjadi cara bagus memanfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur.

Anda bisa menggunakan kotak plastik besar dengan penutup untuk menyimpan pakaian karena wadah ini kedap udara dan tahan lama.

Namun, pastikan pakaian bersih dan kering saat disimpan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Selain itu, Anda dapat menambahkan balok kayu cedar atau bungkus lavender dan kayu cedar di antara pakaian yang terlipat sehingga dapat membantu mengusir ngengat serta larvanya.

Labeli kotak plastik tersebut dengan jelas sehingga mudah menemukan apa yang akan dicari. 

Baca juga: Bikin Kacau, 7 Barang Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian

Pasang batang gantung

Batang gantung dapat dipasang ke dinding dan plafon memungkinkan Anda membuat area lemari gantung tanpa perlu memiliki ruang khusus.

Anda dapat menambahkan batang gantung di dinding untuk menggantung pakaian yang sering digunakan dan batang gantung pada plafon untuk menggantung pakaian yang tidak sering dikenakan.

Tambahkan batang gantung di sudut ruangan untuk memanfaatkan ruang yang tidak digunakan. Dengan ide ini, Anda dapat menggunakan batang gantung untuk menciptakan solusi penyimpanan pakaian yang praktis dan menarik. 

Baca juga: 6 Langkah Menata Lemari Pakaian agar Tetap Rapi

Gunakan pembagi laci

Pembagi laci adalah alat penyimpanan yang dapat menjadi ide menyimpan pakaian tanpa lemari dengan rapi. Pembagi laci dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti plastik, kayu, atau metal dan biasanya tersedia dalam berbagai ukuran serta bentu sehingga dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com