Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 21:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerima sinar matahari setiap hari sangat penting bagi tanaman sayur yang mengandalkan matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi nutrisi yang dibutuhkan melalui fotosintesis.

Tanaman sayur membutuhkan sinar matahari untuk berbunga dan menghasilkan buah yang akan menjadi sayuran lezat. 

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan, Bisa Panen Terus

Namun, ada beberapa kondisi  kebun yang tidak mendapat paparan sinar matahari secara langsung atau lokasi teduh. Hal ini pun membuat beberapa orang enggan menanam sayuran hanya karena tidak memiliki lokasi cerah.  

Padahal, sebenarnya ada banyak tanaman sayur yang dapat tumbuh dan berkembang tanpa sinar matahari langsung yang signifikan.

Banyak sayuran yang bisa menghasilkan panen dengan empat hingga enam jam sinar matahari per hari atau sinar matahari yang konstan sepanjang hari.

Sebagai aturan dasar, sayuran yang ditanam untuk diambil buah atau akarnya, seperti tomat, terong, paprika, labu, kentang, atau wortel, membutuhkan sinar matahari penuh, yang didefinisikan sebagai lokasi kebun yang menerima setidaknya enam jam sinar matahari langsung setiap hari.

Sementara itu, tanaman sayur yang ditanam untuk diambil daun, batang, atau kuncupnya sering kali tumbuh subur tanpa sinar matahari penuh. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (9/10/2023), berikut sejumlah tanaman sayur yang dapat ditanam di tempat teduh sebagian.  

Baca juga: 6 Cara Menanam Tanaman Sayur di Kebun agar Tumbuh Subur

Buncis (Phaseolus vulgaris)

ilustrasi tanaman buncisShutterstock/ukir visual ilustrasi tanaman buncis
Buncis hanya membutuhkan sedikit usaha untuk tumbuh dan biasanya memerlukan enam hingga delapan jam sinar matahari sehari.

Ada banyak varietas buncis dan buncis polong dapat bertahan di tempat teduh setiap hari serta hanya membutuhkan sedikit tempat.

Ada banyak varietas buncis yang dapat dipilih dan mudah ditanam dari biji. Anda bahkan dapat berhemat dan menyimpan beberapa benih untuk menyediakan benih tahun depan.  

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Bok choy (Brassica rapa var. chinensis)

Selanjutnya, tanaman sayur yang dapat ditanam di tempat teduh sebagian adalah bok choy. Tanaman sayur ini biasanya dipanen pada akhir musim panas atau musim gugur selama tahun pertama pertumbuhannya.

Daun bok choy yang halus serta batangnya yang renyah dapat dimakan. Tanaman sayur bok choy tahan terhadap naungan parsial dengan enam jam sinar matahari langsung per hari, terutama pada puncak musim panas.

Bok choy cocok ditanam di dalam pot selama kedalamannya setidaknya 30 sentimeter dan lebar 30 sentimeter. 

Brokoli (Brassica oleracea var. italica)

Ilustrasi budidaya brokoliShutterstock/TippaPatt Ilustrasi budidaya brokoli
Brokoli dapat ditanam di sepanjang tepi yang teduh di kebun mana pun meski menyukai sinar matahari selama enam hingga delapan jam sehari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com