Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kerai Jendela dengan Lembar Pengering

Kompas.com - 07/10/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerai jendela menjadi bagian dari rumah yang sering terlewatkan saat membersihkan rumah, tak peduli berapa kali menambahkannya ke dalam daftar tugas pembersihan. 

Sering kali membersihkan kerai jendela lebih merepotkan daripada manfaatnya. Untungnya, ada trik pembersihan yang mudah yang bisa menjadi solusi membersihkan kerai  

Baca juga: Ragam Jenis Tirai Modern yang Dapat Meningkatkan Interior Rumah

Ketika berbicara tentang peretasan pembersihan, selalu ada beberapa yang beredar  mengklaim dapat mengubah permainan.

Namun, hanya beberapa yang benar-benar efektif. Bahkan produk pembersih terbaik sekalipun tidak dapat membuat tugas membersihkan kerai tampak lebih menarik. 

Namun, ada satu yang menarik perhatian, yakni lembar pengering. Lembar pengering tidak hanya digunakan untuk mencuci pakaian, tapi juga membersihkan kerai jendela

Cukup ambil satu lembar pengering dan seka setiap bilah, ganti setiap lembar jika sudah terlalu banyak debu dan kotoran.

Pengguna TikTok dan penggemar kebersihan, @cleanwith_kayleigh, mendemonstrasikan peretasan ini kepada lebih dari 2 juta pengikutnya menggunakan lembar pengerring Fabulosa Tumble Dryer Sheets.  

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tirai Vertical Blind sebagai Pengganti Gorden

Ilustrasi membersihkan kerai jendela.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi membersihkan kerai jendela.
"Lembar pengering dirancang dengan sedikit muatan elektrostatik yang bekerja sangat baik menarik dan menangkap debu," jelas Leah Aspinall, Kepala Desain di Blinds 2go, dikutip dari Ideal Home, Sabtu (7/10/2023). 

Lembar pengering melakukan hal ini sambil meninggalkan aroma halus yang menyegarkan udara di sekitar jendela.

Dengan adanya muatan elektrostatik, Anda tidak hanya membersihkan kerai sekali saja, tapi juga mengurangi kemungkinan penumpukan debu pada masa depan

Namun, seperti halnya trik pembersihan lainnya, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan saat membersihkan kerai jendela dengan lembar pengering untuk menjaga gorden tetap dalam kondisi prima. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Tirai yang Sesuai untuk Setiap Ruangan

"Sangat penting mempertimbangkan bahan tirai saat menggunakan lembaran pengering," ucap Dan Smith di Express Essex Blinds memperingatkan.

Untuk bahan lembut, seperti tirai kayu atau kain, lembar pengering adalah pilihan baik dan tidak menyebabkan goresan atau kerusakan.

Namun, disarankan menguji area kecil yang tidak mencolok terlebih dahulu g guna memastikan lembar pengering tidak menyebabkan perubahan warna atau efek buruk.

Ava Wilson, Pemimpin Redaksi Unclutterer, mengatakan jika membersihkan kerai jendela dengan lembar pengering, disarankan memilih opsi tanpa pewangi atau hipoalergenik untuk meminimalkan risiko reaksi alergi. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Gorden Rumah Minimalis

Setelah menggunakan lembaran pengering, sebaiknya seka kerai dengan kain lembap untuk menghilangkan residu yang mungkin tertinggal.

Tentu saja, meski membersihkan kerai jendela dengan lembar pengering sangat mudah, ini bukan solusi terbaik untuk tirai yang kotor dan sangat kotor.

Dalam kasus tersebut, Leah merekomendasikan mempertimbangkan memasangkan rutinitas lembar pengering dengan metode pembersihan lebih dalam, seperti menggunakan hoover dengan sikat untuk membersihkan kotoran dengan lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com