Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tirai Kamar Tidur

Kompas.com - 28/02/2022, 14:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur hampir tidak lengkap tanpa perawatan jendela yang tepat. Baik tinggal di rumah sendiri maupun rumah sewa, menggunakan tirai atau gorden di kamar tidur memberi banyak manfaat. 

Selain menjaga privasi, gorden mengurangi paparan sinar matahari, mencegah debu, kotoran, dan angin masuk, meredam suara berisik di luar rumah, serta menambah dekorasi di kamar tidur. 

Baca juga: Apa Bedanya Tirai dan Penutup Jendela? Ketahui Sebelum Membelinya

Namun, sebelum memilih tirai kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar memperoleh tirai yang tidak hanya fungsional, tapi juga mempercantik tampilan kamar tidur. 

Dikutip dari My Domaine, Senin (28/2/2022), berikut sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih tirai kamar tidur. 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja?

Panjang tirai 

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.Shutterstock/Edvard Nalbantjan Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.
Sebelum berbelanja tirai kamar tidur, ukur ruang jendela yang tersedia untuk memastikan mendapatkan kain yang cukup. 

Pastikan panjang tirai berada jauh di atas lantai untuk mencegah tersandung. Saat mengukur, usahakan memasang batang gorden setidaknya 15 sentimeter di atas bagian atas panel jendela atau lebih jika ingin memanjangkan ruangan secara visual.

Selain itu, berikan ruang 15 sentimeter di kedua sisi jendela sehingga tirai memiliki sedikit ruang untuk bernapas saat dibuka penuh. 

Baca juga: 5 Jenis Tirai yang Akan Membuat Suhu di Rumah Lebih Sejuk

Ketebalan tirai 

Tirai memiliki ketebalan bervariasi, dari tipis, sedang, hingga tebal. Memilih tirai yang tepat berarti mempertimbangkan elemen-elemen seperti jumlah cahaya alami yang boleh diizinkan serta privasi. 

Jika Anda lebih suka menghalangi semua cahaya, gorden blackout menjadi pilihan terbaik, sementara tirai tipis sangat bagus untuk mereka yang menginginkan sedikit cahaya alami dan membutuhkan privasi.

Tirai semi-tipis, seperti linen atau katun, adalah pilihan terbaik di antara keduanya yang memberikan banyak gaya. 

Baca juga: Menurut Ahli, Ini 4 Cara Terbaik Memilih Tirai Kamar Tidur 

Bahan tirai 

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.Unsplash/Collov Home Design Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.

Komposisi tekstil gorden sudah cukup untuk membuat pernyataan dekoratif sendiri. Saat berbelanja tirai, lihat sekeliling ruangan dan biarkan hal itu menginformasikan jenis perawatan yang akan melengkapi estetika terbaik. 

Tirai berbahan linen menghadirkan suasana santai serta cocok untuk semua desain rumah, dari rumah pertanian modern atau farmhouse modern, rumah minimalis, hingga rumah coastal atau pesisir. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tirai Vertical Blind sebagai Pengganti Gorden

Bahan velvet dikenal mahal dan memiliki tampilan elegan, tetapi dapat dengan mudah diperluas ke skema kontemporer.

Sementara itu, tirai poliester dan sintetis serupa sering kali menampilkan nuansa ringan dan berkilau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com