Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 10/05/2023, 16:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.comAnjing pudel dianggap sebagai anjing nasional Perancis yang ternyata memiliki keturunan yang luas dan dimulai di Jerman.

Dokter hewan di Veterinarians.org Jamie Freyer menjelaskan, disadur dari Daily Paws,  definisi dasar dari nama anjing pudel adalah “pudelin” yang berarti “untuk memercik” dalam bahasa Jerman.

Baca juga: Kenali, Ini Bedanya Anjing French Bulldog dan English Bulldog

Dahulu kala, anjing yang lebih besar dan dikenal sebagai pudelhund bekerja sebagai anjing pemburu bebek dan pengambil sesuatu di air.

Toy poodleAlison Pang Toy poodle

Keturunan luas dari ras anjing inilah yang lambat laun membuatnya memiliki tiga jenis yang tersebar di dunia, menurut Poodle Club of America berdasarkan panduan dari American Kennel Club (AKC).

Adapun tiga jenis ini juga disebut sebagai tiga jenis anjing pudel utama. Apa saja?

Baca juga: Studi Ungkap Anjing Peliharaan Mampu Mengenali Suara Pemiliknya

1. Toy Poodle

Toy Poodle adalah teman yang sempurna untuk lanjut usia (lansia) dan anak-anak. Mereka pun cocok untuk diajak bermain dengan kucing dan anjing berukuran kecil lainnya.

Freyer mengatakan, tinggi salah satu ras pudel ini hanyalah 10 inci atau sekitar 25 centimeter (cm). Menurut dia, tingginya mungkin membuat Toy Poodle mengalami masalah untuk melakukan kegiatan.

Akan tetapi, mereka akan tetap merasa senang untuk berada di luar dan jalan-jalan dengan pemiliknya. Beberapa Toy Poodle mungkin mengalami kecemasan akan perpisahan (separation anxiety).

Baca juga: 5 Tips Aman Mengajak Anjing Peliharaan Jalan-jalan ke Mal

Untuk mengatasinya, libatkan mereka dengan permainan aktif di rumah untuk memicu rasa ingin tahu, dan mendorong ikatan yang lebih kuat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com