Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Anjing Peliharaan Suka Duduk di Kursi Pemiliknya

Kompas.com - 15/02/2022, 13:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemilik anjing, tentu Anda sudah akrab dengan berbagai tingkah laku yang ditunjukkan sahabat bulu. 

Salah satunya, saat Anda sedang duduk di kursi favorit dan beberapa detik setelah bangun dari tempat duduk, anjing peliharaan akan melompat ke kursi tersebut. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan mengapa anjing melakukanya? 

Dilansir dari Treehugger, Selasa (15/2/2022), ada beberapa alasan anjing peliharaan suka duduk di tempat duduk pemiliknya dan bahasa tubuhnya menjelaskan semuanya seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menekuk Telinganya ke Belakang

Menunjukkan kasih sayang

Ilustrasi anjing duduk di kursi pemiliknyaShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi anjing duduk di kursi pemiliknya
Bagi kebanyakan anjing, duduk di kursi pemiliknya adalah tanda kasih sayang. Dengan melompat ke tempat duduk pemiliknya, anjing mengambil tempat yang mewakili kehangatan dan kenyamanan.

Aroma Anda akrab dan aman bagi anjing sehingga secara naluriah anjing tahu bahwa tempat mana pun yang dikunjungi pemiliknya kemungkinan besar juga akrab dan aman.

Ini adalah alasan anjing ingin berada di tempat tidur pemiliknya, kursi pemiliknya, dan pangkuan pemiliknya.

Anjing adalah hewan cerdas serta cepat memahami kebiasaan dan rutinitas orang-orang sekitarnya. Anjing tahu tempat-tempat di dalam dan di sekitar rumah yang sering digunakan. 

Baca juga: 4 Tips agar Anjing Peliharaan Tetap Tenang saat Mendengar Suara Bising

Rasa aman

Duduk di kursi pemiliknya merupakan cara anjing mencari keamanan dan perlindungan. Anjing mencari dan menunggu Anda kembali ke daerah itu. 

Sebagai hewan sosial, anjing ingin menjadi bagian dari tempat yang aman dan nyaman di mana mereka berada. Ini kembali ke nenek moyang serigala mereka dan mentalitas kawanan.

Saat itu, kekuatan dan dukungan sarang adalah masalah hidup dan mati bagi serigala sehingga mereka tidak akan berhenti melindunginya. 

Baca juga: Baru Pertama Kali Memelihara Anjing? Ini 8 Ras yang Cocok untuk Anda

Dominasi

Ketika gelisah, anjing chihuahua akan mudah menggonggong.Unsplash/Sharon McCutcheon Ketika gelisah, anjing chihuahua akan mudah menggonggong.
Alasan lain anjing duduk di kursi pemiliknya adalah ingin menunjukkan dominasi. Sering kali hal ini terjadi jika ada anjing peliharaan lain di rumah.

Selain mengambil tempat duduk pemiliknya, anjing juga dapat menunjukkan perilaku bermasalah lainnya.

Dalam skenario ini, bahasa tubuh anjing akan lebih agresif dan teritorial serta menyebabkan masalah perilaku yang lebih besar jika dibiarkan. Ini bisa terlihat dengan menggonggong, mengambil posisi bertahan, atau menggigit. 

Baca juga: Studi: Memelihara Anjing Saat Pandemi Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Menurut sebuah studi tentang dominasi pada anjing domestik, ini bisa menjadi cara anjing untuk menetapkan "peringkat" mereka dalam keluarga, baik di antara manusia maupun anjing lain di rumah.

Anjing yang telah dilecehkan, diabaikan, dipindahkan dari rumah, atau takut akan sering menunjukkan perilaku semacam ini.

Namun, dengan pelatihan tepat dan penguatan positif, anjing akan mengerti bahwa tindakan ini tidak perlu dan akhirnya berhenti melakukan perilaku tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com