Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini 5 Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Kompas.com - 30/09/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pothos atau sirih gading dan philodendron merambat bisa dibilang merupakan tanaman hias paling populer. 

Namun, kedua tanaman hias ini sering kali disalahartikan satu sama lain. Pothos dan philodendron memiliki tampilan yang terlihat mirip dan memiliki banyak persyaratan pertumbuhan dan kebiasaan yang sama. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Memperbanyak Tanaman Pothos

Padahal, pothos dan philodendron merupakan tanaman yang berbeda dengan karakteristik serta kebutuhan berbeda. Perbedaan kedua tanaman hias ini mudah diketahui. 

Ada beberapa perbedaan utama antara pothos, yang juga biasa disebut Devil's ivy, dan philodendron, di antaranya bentuk dan tekstur daun serta kebiasaan pertumbuhan. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari The Spruce, Sabtu (30/9/2023), berikut sejumlah perbedaan tanaman pothos dan philodendron. 

Taksonomi

Ilustrasi golden pothos.Shutterstock/Emily frost Ilustrasi golden pothos.
Taksonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan klasifikasi kelompok organisme biologis yang digunakan untuk menamai tanaman dan hewan serta mengaturnya ke dalam genera dan famili.

Dalam hal tanaman, taksonomi sebagian besar berkaitan dengan nomenklatur botani. Pothos dan philodendron adalah dua tanaman yang terpisah dan berbeda yang termasuk dalam marga yang berbeda.

Pothos termasuk dalam genus Epipremnum dan philodendron adalah genus Philodendron. Namun, keduanya berada dalam satu famili, yakni keluarga tanaman aroid (Araceae). 

Baca juga: 8 Varietas Philodendron yang Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

Bentuk dan tekstur daun

Selanjutnya, perbedaan tanaman pothos dan philodendron adalah pada bentuk dan tekstur daun.

Banyak philodendron, termasuk philodendron berdaun hati, memiliki lebih banyak daun berbentuk hati yang lebih tipis dengan tekstur lembut. Di sisi lain, pothos memiliki daun lebih lebat dan lebih tebal.

Perbedaan daun ini terutama terlihat di area tangkai daun terhubung ke pangkal daun. Ambil contoh, philodendron berdaun hati dan pothos.

Sementara pangkal daun pothos relatif lurus, pangkal daun philodendron melengkung ke dalam secara dramatis dan berbentuk seperti bagian atas hati.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink, Salah Satunya Philodendron  

Akar udara dan tangkai daun

Ilustrasi tanaman hias philodendron heartleaf.Shutterstock/Josefino Yanga Ilustrasi tanaman hias philodendron heartleaf.
Perbedaan tanaman pothos dan philodendron juga dapat dilihat dari akar udara dan tangkai daun. Baik pothos maupun philodendron memiliki akar udara yang agresif, yang memungkinkannya memanjat serta merambat di sekitar permukaan.

Namun, pothos hanya memiliki satu akar udara besar per simpul, sedangkan philodendron mempunyi beberapa akar udara yang lebih kecil per simpul dan cenderung terlihat lebih liar. 

Tangkai daun adalah batang kecil yang menghubungkan daun ke batang utama tanaman. Karena perbedaan kebiasaan pertumbuhan, pothos memiliki tangkai daun yang menjorok ke arah batang yang menghubungkannya, sedangkan philodendron memiliki tangkai daun yang bulat penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com