Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nomor Pintu Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Ini Daftar Angka Hoki

Kompas.com - 29/09/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya tarik tepi jalan yang bagus, akses mudah, jaringan transportasi yang baik, dan taman menghadap ke selatan adalah beberapa hal yang kita tahu akan menambah nilai sebuah rumah.

Namun, tahukah Anda bahwa nomor rumah juga dapat memberikan dampak tak terduga? 

Baca juga: 5 Sumber Bau di Rumah yang Harus Segera Disingkirkan

Meski bukan sesuatu yang bisa Anda kendalikan jika menjual rumah, sebuah studi baru yang dilakukan perusahaan jual beli properti, Property Rescue, menunjukkan nomor pintu dapat meningkatkan nilai jual rumah hingga 8 persen. 

Jadi, nomor pintu berapa yang dapat meraup keuntungan dan nomor mana yang mengindikasikan akan mengalami kesulitan dalam menjual rumah?

Seperti diketahui, warna pintu depan rumah tertentu dapat meningkatkan nilai jual rumah.

Dilansir dari Ideal Home, Jumat (29/9/2023), Property Rescue menganalisis lebih dari 60 ribu properti yang terjual untuk mencari tahu apakah nomor pintu tertentu juga memiliki kemampuan meningkatkan nilai jjual rumah. 

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah Hanya Dalam Waktu 24 Jam

Ilustrasi nomor rumah. SHUTTERSTOCK/CHRISTINA HEMSLEY Ilustrasi nomor rumah.
Walhasil, menemukan rumah dengan nomor satu pada pintu umumnya terjual 8 persen lebih mahal dari rumah lainnya dengan rumah nomor dua di urutan kedua, terjual 5 persen lebih mahal dari rata-rata rumah secara keseluruhan.

Andrew Landers, Direktur Property Rescue, mengatakan tampaknya ada preferensi jelas untuk nomor pintu satu digit.

Dari semua nomor pintu dalam penelitian ini yang terjual dengan harga di atas rata-rata, lebih dari setengahnya adalah nomor satu digit.

Faktanya, penelitian ini menemukan nomor pintu rumah 3, 5, 6, 7, 8, 14, 19, 26, 27, 29, dan 30 juga cukup populer. Rumah-rumah dengan nomor pintu depan tersebut terjual 2-4% lebih banyak daripada nomor lainnya, bahkan di jalan yang sama. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Penelitian ini juga menemukan nomor pintu yang kurang beruntung, seperti 23, 24, dan 25, yang terjual dengan harga rata-rata 6-7 persen lebih rendah.

Tentu saja, ada kemungkinan ini hanyalah keberuntungan dan rumah dengan nomor 1 atau 2 kebetulan adalah propert yang lebih mahal serta menawarkan lebih banyak hal kepada pembeli.

Michelle Niziol, agen properti dan pendiri IMS Property Group, menjelaskan, meski nomor pintu tidak pernah menjadi masalah bagi kliennya, ada juga yang terlihat lebih menarik bagi pembeli tertentu.

"Menurut pengalaman saya, saya tidak pernah menemukan masalah dalam penjualan rumah karena nomor pintu dan ini tidak pernah menjadi pertanyaan umum yang ditanyakan calon pembeli."  

Baca juga: 5 Fitur Luar Ruangan yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Ilustrasi nomor rumah. SHUTTERSTOCK/CHRISTINA HAMSLEY Ilustrasi nomor rumah.
Namun, nomor satu adalah nomor pintu yang paling menarik di Inggris dan diketahui rumah bernomor ganjil biasanya dijual dengan harga Rp566 juta lebih mahal daripada nomor genap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com