Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pupuk dari Air Kelapa, Mudah dan Murah

Kompas.com - 27/09/2023, 19:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kelapa merupakan hasil pertanian yang banyak manfaatnya. Tak hanya dagingnya, airnya juga memiliki banyak manfaat.

Air kelapa bisa dikonsumsi sebagai minuman segar. Selain itu, air kelapa juga bisa diolah menjadi pupuk organik yang kaya manfaat.

Dilansir dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Rabu (27/9/2023), air kelapa mengandung banyak nutrisi penting seperti karbohidrat, gula, mineral, asam amino, dan lain sebagainya.

Baca juga: Banyak Manfaat, Gunakan Air Kelapa untuk Menyiram Aglonema

Maka dari itu, air kelapa bisa diolah menjadi pupuk tanaman. Pupuk dari air kelapa aman bagi manusia, tanaman, maupun lingkungan.

Aplikasi pupuk dari air kelapa bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen, serta bisa meningkatkan rasa lezat pada hasil panen. Selain itu, pupuk dari air kelapa juga bisa memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Ilustrasi air kelapaiStockphoto/amnat jomjun Ilustrasi air kelapa

Pupuk alami ini juga bisa meningkatkan kesuburan tanah, mengoptimalkan penyerapan hara, menjaga kelembapan tanah, dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, air kelapa perlu diolah terlebih dahulu melalui proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme. Adapun cara membuat pupuk dari air kelapa, seperti berikut.

Baca juga: Ragam Manfaat Air Kelapa untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Ember yang memiliki penutup
  • Saringan
  • Pengaduk kayu
  • Air kelapa 25 liter
  • EM4 25 ml
  • Molase atau tetes tebu 50 ml

Cara membuat pupuk dari air kelapa

Sebelum diolah menjadi pupuk, air kelapa perlu disaring terlebih dahulu. Kemudian, larutkan gula pada tempat terpisah dan tambahkan EM4, lalu aduk sampai merata.

Masukkan campuran gula dan EM4 ke dalam ember berisi air kelapa. Aduk sampai semua bahan tercampur.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa

Tutup ember dengan rapat dan letakkan di tempat sejuk. Lakukan pengadukan setiap hari selama satu menit dan tutup kembali.

Pengadukan dilakukan mulai hari kedua sampai ke-10. Setelah itu, buka ember dan lihat kondisi pupuk. Proses fermentasi berhasil apabila muncul aroma sedap seperti tapai.

Cara aplikasi pupuk organik dari air kelapa

Pupuk dari air kelapa bisa diaplikasikan melalui daun maupun akar. Aplikasi pada daun dilakukan dengan cara melarutkan 10 ml pupuk dalam 1 liter air.

Kemudian, semprotkan ke seluruh bagian tanaman setiap seminggu sekali. Sementara itu, aplikasi pada akar dilakukan dengan cara melarutkan 10 sampai 20 ml dalam 5 liter air. Lalu, siramkan ke area perakaran sebanyak 250 ml. Lakukan aplikasi setiap 10 hari sekali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com