Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kailan Hidroponik dengan Mudah dan Cepat Panen

Kompas.com - 04/09/2023, 22:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kailan adalah sayuran yang daun dan batangnya tebal. Sayuran ini memiliki rasa yang enak dan nutrisinya beragam.

Beberapa nutrisi yang ada dalam sayuran ini antara lain; mineral, vitamin B, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, antioksidan, dan nutrisi lainnya.

Hal itulah yang membuat kailan banyak diolah menjadi makanan maupun jus yang menyehatkan. Sayuran hijau ini bisa ditanam dengan mudah. Bahkan, bisa menggunakan sistem hidroponik.

Baca juga: Sering Dibuat Sayur, Ini 5 Manfaat Tanaman Kailan bagi Kesehatan

Dilansir dari buku Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik, Senin (4/9/2023), berikut ini cara menanam kailan hidroponik dengan mudah dan cepat panen.

Alat dan bahan

  • Rockwool
  • Bibit kailan
  • Sumbu
  • Botol plastik bekas
  • Cutter
  • Air baku
  • Nampan plastik

Ilustrasi sayur daun kailanShutterstock/NDY Studio Ilustrasi sayur daun kailan

Persiapan bibit

Sebelum disemai, benih kailan perlu direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 2 jam. Kemudian, semai benih dalam nampan yang sudah berisi rockwool dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 2 hingga 3 hari.

Jika biji berkecambah, pindahkan ke area yang terkena sinar matahari dan saat sudah memiliki daun, bibit sudah bisa dipindahkan ke wadah hidroponik.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Kailan di Polybag

Penanaman

Sebelum menanam bibit, siapkan terlebih dahulu wadah hidroponik. Cara membuat wadah hidroponik yaitu dengan memotong botol plastik menjadi dua bagian.

Bagian atas botol dibalik dan diberi sumbu. Nantinya bagian ini yang akan digunakan sebagai tempat menanam bibit.

Sedangkan bagian bawahnya digunakan untuk menampung air dan nutrisi. Nantinya, air akan naik ke atas melalui sumbu. Setelah wadah hidroponik selesai dibuat, letakkan bibit pada wadah tersebut.

Perawatan

Cara merawat kailan hidroponik sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu memastikan nutrisi tercukupi dan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Rockwool sebagai media tanam juga harus tetap lembap agar tanaman tumbuh dengan baik.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hidroponik yang Baik dan Benar

Panen

Kailan termasuk sayuran yang cepat panen. Tanaman ini bisa dipanen saat berumur 25 hingga 40 hari setelah semai. Cara panennya cukup dengan mencabut tanaman sampai ke akarnya.

Itulah cara menanam kailan dengan mudah dan cepat panen. Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan di rumah atau apartemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com