Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tanaman Sayuran Hidroponik yang Cepat Tumbuh dan Panen

Kompas.com - 26/01/2023, 09:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran hidroponik adalah usaha yang menguntungkan, baik untuk tujuan komersial maupun tujuan pribadi. Untuk memperoleh panen cepat, penting untuk menanam tanaman sayuran hidroponik yang cepat tumbuh dan panen.

Dikutip dari Home Garden First, Kamis (26/1/2023), sayuran seperti bayam, kangkung, lettuce, selada, dan swiss chard adalah sayuran hijau yang tumbuh cepat ketika ditanam dengan sistem hidroponik. Begitu pula dengan tomat dan cabai.

Adapun hidroponik adalah sistem menanam tanpa tanah, melainkan di air. Hidroponik meningkatkan pertumbuhan tanaman, memberikan hasil yang lebih kuat, dan tanaman yang dibudidayakan memiliki kualitas unggul.

Baca juga: 7 Langkah Menanam Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

Ilustrasi menanam selada hidroponik dengan sistem NFT. SHUTTERSTOCK/LUKMANTAM Ilustrasi menanam selada hidroponik dengan sistem NFT.

Karena tanah tidak ada dalam hidroponik, air tanaman melakukan semua pekerjaan mulai dari menyediakan nutrisi hingga oksigen.

Tanaman yang ditanam dalam sistem hidroponik membutuhkan lebih sedikit ruang, waktu, dan air dibandingkan dengan sistem berbasis tanah biasa.

Ketika ditanam secara hidroponik, tanaman tidak hanya memiliki ruang yang lebih luas, tetapi sistem ini juga menjaganya agar bebas dari hama.

Berikut beberapa tanaman sayuran hidroponik yang cepat tumbuh dan panen.

Baca juga: Tanda-tanda Tanaman Hidroponik Kekurangan Unsur Hara dan Solusinya

1. Bayam

Bayam adalah superfood teratas dan untuk alasan yang bagus. Mengandung nutrisi seperti zat besi, seng, mangan, dan magnesium, bayam memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bayam yang ditanam dengan sistem hidroponik menghasilkan panen yang lebih banyak dengan kualitas yang baik dan dibandingkan dengan bayam yang ditanam di tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com