Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pensiun, Karyawan Perusahaan Dilatih Bisnis Laundry hingga Katering

Kompas.com - 01/09/2023, 19:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan karyawan selepas masa pensiun. Mulai dari merintis bisnis jasa terkait rumah hingga kuliner.

Sebagai contoh, sejumlah karyawan PT HM Sampoerna Tbk yang mengikuti Program HOPE (Help, Overcome, Prepare, Energize), yakni program pemberdayaan yang ditujukan bagi mereka yang memasuki masa pensiun, mengaku merasakan manfaat nyata dari berbagai pelatihan yang disediakan.

Perseroan menggagas program yang mempersiapkan para karyawannya yang memasuki masa pensiun melalui Program HOPE. Melalui program yang diluncurkan sejak 2019 ini, para karyawan yang memasuki usia pensiun dibekali berbagai pelatihan dan pengembangan, khususnya di bidang keuangan dan kewirausahaan.

Baca juga: Expo Clean & Expo Laundry 2022, Hadirkan Inovasi Produk Kebersihan

Ilustrasi pensiun, dana pensiun. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi pensiun, dana pensiun.

Hal ini bertujuan agar para karyawan siap menjalani masa purna tugas dengan kegiatan yang bermanfaat dan memberi nilai ekonomi bagi karyawan beserta keluarganya.

Program ini diharapkan dapat membekali para karyawan dengan kemampuan mengatur keuangan pribadi dan keluarga secara lebih baik, bahkan memanfaatkan peluang wirausaha hingga investasi.

Tak hanya itu, Program HOPE juga bertujuan untuk mendorong agar kesejahteraan mereka tetap terjaga selepas ension.

Program HOPE dilakukan secara luar jaringan (offline) dan daring. Para peserta dapat memilih empat kategori program sesuai minat dan bakatnya, yaitu makanan dan minuman, perdagangan, jasa, hingga pertanian.

Baca juga: Usaha di Rumah Makin Mudah, Bank DKI Beri Pelatihan dan KUR

Terdapat lebih dari 30 kelas kewirausahaan yang dapat diikuti peserta, termasuk pelatihan kewirausahaan bidang kuliner, katering, jasa binatu, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com