Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengubah Ruang Tamu Menjadi Kamar Tidur

Kompas.com - 20/08/2023, 12:29 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur tamu merupakan ruangan khusus yang digunakan sebagai tempat istirahat tamu yang menginap.

Biasanya, dalam sebuah rumah tangga berukuran besar, setidaknya memiliki satu kamar tamu. Namun, kamar tidur tamu sebenarnya bersifat opsional.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Kamar Tamu agar Nyaman 

Tak heran, pada rumah berukuran kecil, biasanya tidak memiliki kamar tidur tamu. Sebagai gantinya, terkadang ruang tamu dapat dibuat sebagai ruang fungsional untuk dijadikan kamar tidur tamu. 

Lantas, bagaimana cara mengubahnya? Dilansir dari Living Spaces, Minggu (20/8/2023), berikut cara mengubah ruang tamu menjadi kamar tidur

Gunakan sofa cukup besar

Ilustrasi kasur futon yang digunakan sebagai sofa.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kasur futon yang digunakan sebagai sofa.

Menggunakan sofa besar di ruang tamu merupakan cara mudah mengubah ruang tamu menjadi kamar tidur. Sofa besar tak hanya berfungsi untuk duduk santai, tetapi juga bisa digunakan sebagai tempat tidur.

Namun, untuk tetap memberi kenyamanan, gunakan sofa berkualitas bagus dan tetap menjaga kebersihan sofa. 

Baca juga: 5 Warna yang Cocok Dikombinasikan dengan Sofa Hitam

Gunakan sofa bed 

Saat ini, sofa memiliki bentuk dan fungsi yang semakin beragam, salah satunya dapat diubah menjadi tempat tidur atau sofa bed

Anda tinggal menambahkan bantal dan selimut untuk membuatnya semakin terasa seperti tempat tidur. 

Pasang daybed

Furnitur rumah lainnya yang berfungsi ganda ada sofa daybed. Sofa setengan tempat tidur ini bisa digunakan untuk bersantai pada siang hari dan dapat menjadi tempat tidur pada malam hari.

Meski ukurannya tak sebesar kasur, daybed tetap bisa digunakan untuk tempat tidur. Cukup tambahkan bantal dan selimut untuk membuat daybed ,enjadi tempat tidur yang nyaman. 

Baca juga: Catat, 5 Furnitur Ini Wajib Dimiliki Kamar Tidur Tamu

Tambahkan kasur

Apabila ukuran ruang tamu cukup luas, tambahkan kasur lantai atau menggunakan kasur lipat sehingga memudahkan penyimpanan. Ukuran kasur lipat ini mudah disesuaikan dengan luas ruangan.

Ilustrasi meja yang memiliki laci penyimpananShutterstock/Alexander56891 Ilustrasi meja yang memiliki laci penyimpanan

Letakkan meja penyimpanan

Selanjutnya, cara mengubah ruang tamu menjadi kamar tidur adalah meletakkan meja penyimpanan.

Gunakan meja yang memiliki banyak laci sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan pakaian atau barang-barang milik tamu.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Ada di Kamar Tamu agar Betah dan Nyaman

Beri pembatas ruangan

Jika ingin menjadikan ruang tamu sebagai ruangan multifungsi, sangat dianjurkan  memberikan pembatas dengan ruangan lain. 

Hal ini bertujuan memberikan privasi di kamar tidur tamu. 

Buat desain minimalis

Untuk membuat kamar tidur tamu terlihat luas, desain ruang tamu dengan desain interior minimalis. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat lebih luas serta menciptakan suasana lebih nyaman.

Pilih cat yang netral dan tambhkan furnitur sederhana, tetapi tetap menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com