Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Kamar Tamu yang Nyaman dan Bikin Betah

Kompas.com - 11/09/2021, 10:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com- Selama musim libur sekolah atau hari raya besar, sebagian orang menjadikan tempat tinggalnya sebagai salah satu lokasi wajib untuk berkumpul bersama keluarga atau orang terdekat.

Oleh karena itu, sebagai tuan rumah yang baik, tentu kamu ingin agar sahabat dan keluarga yang bertamu merasa nyaman di rumahmu.

Nah, itulah mengapa sebaiknya kamu memiliki ruang khusus untuk kamar tamu. Terlebih jika kamu memiliki kamar ekstra tak terpakai, lebih baik disulap sebagai kamar tamu yang nyaman dan bikin betah.

Melansir dari Decor Tips pada Sabtu (11/9/2021) berikut ini tips mendekorasi kamar tamu yang nyaman dan estetik.

Baca juga: 3 Tren Dekorasi Rumah yang Diminati oleh Gen Z

Ruang multifungsi

Kini, seiring perkembangan waktu, kebutuhan masyarakat, dan terbatasnya lahan, banyak orang memilih untuk membangun rumah bertumbuh atau rumah mungil khas milenial yang multifungsi.

Sehingga memaksimalkan keterbatasan yang ada. Maka, kamu bisa menggunakan beberapa cara ini untuk membuat ruang tamu di rumah mungilmu:

  • Kamar tamu yang menyatu dengan kamar anak. Ini adalah pilihan terbaik untuk rumah mungil. Gunakan kasur susun atau twin agar tamu merasa lebih nyaman.
  • Kamu juga bisa meubah ruang laundry, ruang kerja, atau ruang bermain sebagai kamar tamu mendadak. Dalam hal ini, kamu harus memilih furnitur dan elemen fungsional yang merupakan elemen penting untuk rumah mungil dan multifungsi.

Baca juga: 3 Tren Dekorasi Rumah yang Diminati oleh Gen Z

Ingatlah, kamar tamu bukanlah kamarmu

Hal yang sering dilupakan ketika membuat dan mendekorasi kamar tamu ialah merasa bahwa kamar tamu sama dengan kamarmu sendiri.

Jangan sampai kamu mendekorasinya dengan berlebihan. Lebih baik gunakan warna-warna netral dan kurangi elemen-elemen personal seperti foto keluarga.

Di sisi lain, pikirkan bagaimana perasaanmu jika kamu adalah tamunya. Berdasarkan hal itu, analisis elemen-elemen yang harus disertakan agar tamu nyaman menginap. Seolah-olah mereka berada di rumah mereka sendiri.

Baca juga: Warna Cat dan Ide Dekorasi yang Membuat Suasana Hati Lebih Tenang

Sentuhan personal

Ilustrasi kamar tamuUNSPLASH/ Kam Idris Ilustrasi kamar tamu

Meskipun dekorasi ruang tamu umumnya netral, namun kamu dapat menunjukkan kepribadian dan ciri khas melalui elemen dekoratif kecil, dan pilihan warna, atau seprai tempat tidur.

Memberikan sentuhan pribadi pada ruangan akan selalu memberikan suasana yang hangat dan bersahaja.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Lorong untuk Meningkatkan Tampilan Ruangan

Perhatikan elemen penting di ruang tamu

Ada elemen-elemen tertentu yang tidak boleh hilang di ruang tamu karena membuatnya fungsional.

Saat memilih furnitur, pikirkan apakah tamu yang biasanya menginap di rumahmu berjumlah lebih dari satu orang dan berapa lama mereka akan menetap di kamar tamu?

Setelah menentukan elemen tersebut, kamu bisa lebih leluasa untuk mendekorasi kamar tamu karena telah mengetahui apa saja elemen penting dan dibutuhkan untuk kamar tamu.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Karpet, Bikin Hangat dan Nyaman

Jangan lupakan sirkulasi udara

Meskipun ini kamar tamu, tapi tentu kamu ingin mereka nyaman saat berada di rumahmu, maka penting untuk membangun sirkulasi udara atau ventilasi kamar yang baik agar tamu merasa betah selama di kamar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com