Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Lantai Keramik Kamar Mandi Kecil agar Terlihat Luas

Kompas.com - 10/09/2021, 18:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika kamu mencoba membuat kamar mandi ukuran kecil agar terlihat lebih besar, maka salah satu aspek yang paling berpengaruh adalah lantai keramik yang digunakan.

Saat memilih lantai kamar mandi, ada beberapa faktor yang perlu diingat. Pertama, penting untuk mempertimbangkan tampilan dan nuansa yang ingin dihidupkan dalam kamar mandimu.

Hal ini penting agar kamu dan penghuni lainnya merasa betah juga nyaman saat berada di kamar mandi. Selanjutnya ialah memperhatikan ukuran, warna, dan hal-hal lainnya.

Melansir dari Tile Wizards, pada Jumat (10/9/2021) berikut ini tips memilih lantai keramik kamar mandi kecil agar terlihat lebih besar.

Baca juga: 5 Rekomendasi Keramik 3D untuk Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Ukuran ubin

Umumnya, desainer interior akan mengatakan bahwa kamu tidak boleh menggunakan ubin besar (seperti 60x60 cm atau 80x80 cm) di kamar mandi kecil karena akan membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Di sisi lain, jika kamu menggunakan ubin kecil untuk kamar mandi kecil maka akan ada lebih banyak garis nat, ini juga akan membuat kamar mandimu malah terlihat sempit. Jadi apa yang harus dilakukan?

Solusinya, kamu bisa menggunakan ubin berukuran sedang. Namun, pastikan bagian tepi ubin sudah diatur sedemikan rupa dengan wanrna ubin sehingga membuat ubin terlihat lebih menyatu dengan tembok. Hal ini akan memberikan efek kamar mandi yang lebih besar dan rapi.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Awet dan Higienis

Skema Warna

Sebaiknya, pilih sekma warna netral untuk kamar mandi kecilmu. Pilihlah keramik yang warnanya lebih terang, misalnya putih, krem, abu-abu muda, yang akan membuat kamar terlihat lebih besar berkat ubin yang memantulkan banyak cahaya.

Keramik dengan warna terang ini memungkinkanmu untuk melihat tampilan kamar mandi yang lebih luas dan langit-langitnya juga terkesan lebih tinggi.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Lantai Keramik

Perlengkapan kamar mandi

Pilihan, penempatan perlengkapan, dan pemasangan furnitur kamar mandi juga memengaruhi tampilan kamar mandimu.

Jika kamu memiliki kamar mandi yang kecil, jangan pasang keran yang terlalu besar, wastafel atau perlengkapan lainnya karena akan membuatnya terlihat lebih sempit.

Pilih perlengkapan modern dan ramping agar lebih sesuai dengan ukuran kamar mandi sehingga menjaga semua bagian dalam kamar mandi tetap dalam keseimbangan.

Jika perlu, kamu bisa memetakannya dalam gambar berskala sebelum mulai membangun atau merenovasi kamar mandi.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Keramik yang Bernoda Kuning dan Kusam

Tata letak

Gunakan pola diagonal ketika memasang lantai keramik kamar mandi kecil. Pola diagonal memberikan ilusi pada pikiran kita sehingga membuat kamar mandi tampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

Selain itu, memasang ubin dengan cara ini akan memberikan ketertarikan kepada orang yang melihatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com