Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menggunakan Warna dan Pola untuk Kamar Tidur yang Lebih Tenang

Kompas.com - 10/09/2021, 21:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur tidak hanya menjadi ruang untuk tidur dan beristirahat, tetapi juga tempat relaksasi serta perlindungan yang nyaman dari kebisingan juga aktivitas yang ada di seluruh rumah

Lantaran menjadi ruang tidur dan relaksasi, kenyamanan menjadi faktor utama ketika mendesain serta mendekorasi kamar tidur

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Modern yang Bisa Menjadi Inspirasi

"Kami ingin kamar tidur menjadi tempat peristirahatan, tempat untuk bersantai," jelas desainer dan seniman Rebecca Atwood dilansir dari Real Simple, Jumat (10/9/2021). 

Rebecca Atwood dan desainer interior Kate Hamilton Gray mengatakan kamar tidur yang menenangkan penuh dengan pola, tekstur, dan palet warna yang dipinjam dari alam. 

Keduanya pun membagikan tips menggunakan warna dan pola untuk menciptakan kamar tidur yang lebih tenang. 

Baca juga: Karpet Vs Lantai Kayu, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur? 

Biarkan pemandangan alam menjadi pemandu Anda

Atwood mengatakan ia suka mendekorasi rumah sebagai membangun habitat alami terbaik.

"Seseorang mungkin merasa tenang di tepi pantai, di hutan, atau di pegunungan. Pikirkan tentang pemandangan alam sehingga merasa paling damai dan biarkan itu menjadi panduan desain." 

Baca juga: Tips Memberikan Suasana Segar ke Kamar Tidur

Bangun papan suasana hati

Rahasia desainer untuk ruangan yang terasa kohesif adalah selalu mulai dengan papan suasana hati.

"Tarik gambar dan ide yang sesuai dengan ruangan. Bisa berupa gambar alam, tekstur, mode, interior, warna. Bisa abstrak, tapi biarkan diri Anda bermain dan bersenang-senang," kata Atwood.

Saat papan suasana hati bersatu, Anda akan segera mulai menyadari warna, bentuk, dan pola mana yang menurut Anda paling menenangkan. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Karpet, Bikin Hangat dan Nyaman 

Buat palet warna

Setelah memiliki papan suasana hati, gunakan itu sebagai titik awal untuk palet warna Anda.

Atwood mengatakan tarik warna individu sebagai serpihan warna fisik (kertas, serpihan cat, contoh kain, dan sobekan majalah). Jangan membatasi diri Anda untuk memulai. Tarik lebih dari yang Anda butuhkan. 

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Bohemian yang Unik dan Estetik

"Netral sangat penting untuk membumikan ruang, jadi pastikan mempertimbangkan warna netral dalam lanskap yang Anda pilih," ucapnya. 

Setelah memiliki banyak warna yang Anda suka, mainkan mereka. Cobalah mengaturnya dalam kelompok lima yang berbeda.

Ucapkan dua warna netral, dua warna dengan warna yang sama (misalnya hijau dan versi yang lebih lembut), dan satu warna aksen.  

Baca juga: Feng Shui: 7 Tips Meningkatkan Hubungan Pernikahan Lewat Kamar Tidur 

Pilih beberapa pola

Kembali ke papan suasana hati Anda dan lihat pola mana yang mungkin ditemukan di lanskap yang Anda pilih. Elemen seperti air, pasir, dan batu semuanya dapat diartikan sebagai pola.

"Agar semuanya terasa lembut dan santai, saya cenderung ke arah organik, abstrak, atau motif bunga dan menjauh dari geometris saat mendekorasi kamar tidur," ujar Hamilton Gray. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Kamar Tidur Nyaman dengan Warna Abu-abu

Dengan mempertimbangkan palet warna dan pola, biarkan mereka memandu pilihan Anda untuk dekorasi, cat, wallpaper, dan tekstil.

Pola ini dapat membantu menciptakan kamar tidur yang lebih tenang serta mengubah kamar tidur menjadi lanskap impian Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com