Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2023, 15:56 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan tempat menerima tamu dan bersantai bersama keluarga. Selain itu, tak jarang ruangan ini menjadi tempat melakukan aktivitas lain seperti bekerja, ataupun makan.

Terdapat berbagai cara untuk membagi ruang, antara lain dengan menggunakan furnitur hingga menambahkan warna. Dengan metode tepat, Anda bisa membuat ruangan fungsional dan terdefinisi dengan baik.

Baca juga: Selain Dinding, 4 Benda Ini Bisa Digunakan Sebagai Pembatas Ruangan

Dikutip dari Homes and Gardens, Sabtu (19/8/2023), berikut sejumlah ide pembatas ruangan untuk membagi ruang di ruang tamu.

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/PICKAWOOD Ilustrasi rak buku di rumah.

1. Rak

Rak bisa menjadi solusi sederhana dan fungsional untuk membagi ruang tamu dan menciptakan zona terpisah.

Rak memiliki berbagai desain bergaya dan dapat didekorasi untuk menciptakan zona seperti ruang kerja di ruang tamu, atau dapat didekorasi dengan benda-benda, karya seni, tanaman hias, dan buku-buku untuk menciptakan tampilan cantik dan minimalis.

Irene Gunter, principal di Gunter & Co menyarankan membuat zona ruang tamu yang besar dengan rak terbuka. Menuruntya, hal ini memungkinkan cahaya dan udara mengalir dan tidak menghalangi garis pandang, namun tetap menciptakan kesan pemisahan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pembatas Ruangan Tanpa Perlu Renovasi

2. Meja konsol

Meja konsol adalah perabot yang sangat bagus untuk membagi ruang duduk antara area bersantai dengan kantor atau area makan. Meja konsol dapat dengan mudah menciptakan pembagian.

“Sebuah konsol di belakang sofa adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa ada dua ruang yang terpisah. Lampu hias yang dipasang di atas area yang terpisah juga dapat memberikan pemisahan visual, yang menunjukkan ruang yang terpisah,” kata Eliza McNabb, desainer Hyphen & Co.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com