Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Air Sadah dengan Bahan Alami

Kompas.com - 21/07/2023, 17:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda air sadah umum dialami rumah-rumah yang tinggal atau memiliki kadar air dengan kandungan mineral tinggi, seperti kalsium dan magnesium. 

Biasanya, noda air sada banyak ditemukan di kamar mandi, seperti kepala shower, keran air, serta peralatan logam lainnya.  

Baca juga: Tips Membersihkan dan Mencegah Noda Air Sadah di Kamar Mandi

Menghilangkan noda air sadah tidaklah mudah, bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggosok noda yang sepertinya tidak pernah hilang. .

Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan membeli pelembut air di seluruh rumah. Selain itu, melakukan trik pembersihan menggunakan bahan-bahan alami. 

Dikutip dari Apartement Theraphy, Jumat (21/7/2023), berikut sejumlah cara menghilangkan noda air sadah dengan bahan alami. 

Cuka untuk melunakkan endapan 

Ilustrasi keran air terkena noda air sadah.Shutterstock/ReaLiia Ilustrasi keran air terkena noda air sadah.
Endapan air sadah sering terjadi pada keran air dan shower, yang mengakibatkan mengeluarkan air sangat kecil, bahkan tidak sama sekali.

Jill Koch, pemilik dan pencipta Jill Comes Clean, mengatatakan masalah ini dapat diatasi dengan cuka.

Caranya, rendam shower dan keran air dalam air cuka sampai kerak mengendur, lalu gosok menggunakan sikat gigi bekas hingga bersih atau semua noda kerak hilang. 

"Namun, berhati-hati karena cuka bersifat asam dan tidak dapat digunakan di seluruh bagian," katanya. 

Selain itu, hindari juga menggunakan cuka pada permukaan batu alam, ubin, atau permukaan yang dicat.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Air Sadah di Kloset, Pakai Cuka dan Soda Kue

Baking soda 

Ilustrasi baking soda.Shutterstock/ThamKC Ilustrasi baking soda.
Granit yang mengelilingi keran air di kamar mandi dan dapur juga dapat terkena noda air sadah. Namun, karena merupakan batu alam, perlu berhati-hati dengan jenis bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan noda air sadah

Menurut Koch, baking soda adalah bahan alami dan aman untuk menjadi cara menghilangkan noda air sadah. Caranya, buat pasta baking soda dan air dengan perbandingan 60:40, lalu oleskan pada granit atau permukaan dinding kamar mandi, dan biarkan selama beberapa menit.

Setelah itu, gosok dengan sikat berbulu lembut atau mencari pembersih yang dibeli di toko yang dibuat untuk menghilangkan noda air sadah," katanya.

"Jika semua cara ini masih tidak berhasil, mungkin perlu dibersihkan secara profesional," imbuh Koch.  

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Air Sadah dengan Cuka

Tambahan boraks saat mencuci 

Noda air sadah juga dapat dialami oleh mesin cuci dan pakaian. Mesin cuci bisa mengalami endapan dan baju menimbulkan noda kuning.

Cara menghilangkan noda air sadah dari mesin cuci dan pakaian adalah memakai boraks saat mencuci. 

Koch menyarankan menambahkan 118 mililiter boraks atau 118 mililiter baking soda ke dalam drum cucian sebelum memasukkan pakaian.

"Keduanya berfungsi sebagai penguat cucian dan membantu melembutkan air, yang pada gilirannya amembuat detergen bekerja lebih baik," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com