Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dyson Luncurkan Penjernih Udara Big+Quiet Formaldehyde dengan Jangkauan 10 Meter

Kompas.com - 14/07/2023, 14:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas udara semakin hari, semakin buruk, terlebih di dalam ruangan. Menurut Environmental Protection Agency (EPA), udara dalam ruangan bisa lima kali lebih tercemar daripada di luar.  

Jamur, lumut, asap, debu, dan alergen lainnya mungkin bersembunyi di udara di sekitar rumah, tetapi tidak terlihat mata.

Baca juga: Dyson Luncurkan Vacuum Cleaner V12s Detect Slim Submarine, Bisa Pembersihan Basah

Paparan jangka panjang terhadap polutan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti asma dan penyakit pernapasan lainnya, penyakit jantung, juga kanker.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut serta hasil penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun pada bidang aliran udara, aerodinamika, dan sistem filtrasi, Dyson—perusahaan teknologi sekaligus produsen home technology asal Inggris—meluncurkan produk penjernih udara, Dyson Big+Quiet Formaldehyde. 

Dyson Big+Quiet Formaldehyde adalah produk penjernih udara berukuran besar dengan berat sekitar 11 kilogram, panjang 43 sentimeter, dan lebar 40 sentimeter, serta memiliki daya pembersihan yang kuat.  

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Dyson meluncurkan produk penjernih udara besar, Dyson Big+Quiet Formaldehyde, dengan berat sekitar 11 kilogram. KOMPAS.com/Esra Dopita Maret Dyson meluncurkan produk penjernih udara besar, Dyson Big+Quiet Formaldehyde, dengan berat sekitar 11 kilogram.
Dyson Big+Quiet Formaldehyde dirancang untuk digunakan dalam ruangan besar, menawarkan filtrasi yang telah ditingkatkan, sensor dengan kecerdasan canggih, serta mampu mengedarkan udara jernih sejauh 10 meter.  

Dyson Head of Electronics, Made Artha, mengatakan produk Dyson Big+Quiet Formaldehyde mempunyai daya jangkauan udara yang lebih luas hingga 10 meter dan untuk ruangan berukuran 100 meter persegi atau setara empat kali ukuran apartemen studio.

Penjernih udara ini dapat digunakan di mana saja, seperti di rumah dan ruang pertemuan besar seperti ballroom. 

Meski begitu, penjernih udara ini juga dapat digunakan di ruang kecil. "Justru efeknya makin bagus di ruang kecil karena cakupan areanya lebih maksimal," ucap Made ditemui dalam acara peluncuran produk Dyson di Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, baru-baru ini.  

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Selain itu, Dyson Big+Quiet Formaldehyde memiliki suara hening sehingga tidak menggangu. Dyson Big+Quiet Formaldehyde dilengkapi tiga filter, yakni HEPA H13, carbon, dan SEO. 

Filter HEPA H13 ini dapat mengkap kuman hingga 99,9 persen untuk partikel dengan ukuran 0,1 mikron, filter carbon untuk menyaring No2, seperti gas atau bau dari masakan, serta SEO untuk menangkap formalida, seperti dari furnitur, kayu, dan VOC. 

Menggunakan Cone Aerodynamics, sebuah sistem aliran udara baru yang menghasilkan aliran udara dua kali lipat dari model sebelumnya, hingga 87 liter per detik.

Cone Aerodynamics memanfaatkan efek Coanda untuk menggabungkan dua aliran udara di atas permukaan halus sehingga dapat menghasilkan embusan udara yang kuat.  

Baca juga: Air Purifier Vs Humidifier, Mana yang Efektif untuk Cegah Alergi?

Untuk perawatan, Dyson Big+Quiet Formaldehyde hanya membutuhkan perawatan minim. Permbersihan produk ini hanya perlu pada filter saja, tapi tergantung pada kondisi ruangan. 

"Filter HEPA punya garansi lima tahun, filter carbon dua tahun, dan SEO tidak perlu ganti," ucapnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com