Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2023, 15:34 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber All Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya Skandinavia merupakan salah satu gaya yang populer dalam mendekorasi rumah. Ruangan dengan gaya tersebut umumnya memiliki garis-garis bersih, bentuk-bentuk sederhana, dan palet warna yang terbatas.

Dikutip dari All Modern, Sabtu (8/7/2023), tujuan dari desain interior Skandinavia adalah membangkitkan rasa nyaman, hangat, dan rileks melalui perabot yang bersih, bagian-bagian fungsional, serta dekorasi minimal.

Baca juga: Mengenal Desain Skandinavia dan Sejarahnya hingga Populer di Dunia

Anda dapat menerapkan gaya tersebut untuk menghadirkan suasana yang nyaman dan menenangkan di rumah. Simak tips berikut untuk mendekorasi rumah dengan gaya Skandinavia

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna netral, kamar tidur bergaya Skandinavia.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna netral, kamar tidur bergaya Skandinavia.

1. Hadirkan warna-warna earthy

Ambil inspirasi dari interior Skandinavia dengan mengisi rumah menggunakan warna-warna netral yang dapat Anda temukan di luar ruangan.

Sebagai contoh, Anda dapat melengkapi panel kayu terang di kamar dengan tempat tidur putih.

Pilihlah kain pelapis berwarna abu-abu dan hitam untuk kesan batu yang halus, bahan kulit cokelat yang mirip dengan pasir atau kayu, dan warna hijau untuk menyerupai pohon cemara.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Skandinavia

Biru adalah warna lain yang biasa ditemukan di interior bergaya Skandinavia karena menyerupai air dan mengingatkan pada langit biru.

2. Fokus pada bahan alami

Tambahkan bahan alami ke dalam rumah. Interior bergaya Skandinavia cenderung menggunakan tekstur yang nyaman seperti wol, boucle, bulu, dan kulit binatang untuk memberikan kenyamanan pada ruangan.

Cobalah untuk memilih perabot kayu dengan warna terang untuk menambah kehangatan pada ruangan, dan menyeimbangkannya dengan meja beton yang membawa kesan sejuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com