Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Meja Konsol agar Menarik Perhatian

Kompas.com - 07/07/2023, 14:50 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja konsol adalah perabot serbaguna yang memberikan ruang permukaan ekstra dan titik fokus menarik untuk ruangan tertentu.

Meja konsol juga dapat menjadi hiasan dan furnitur fungsional. Meja konsol dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain ruangan. Namun, menata meja konsol bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Dikutip dari Minotti London, Jumat, (7/7/2023), berikut sejumlah tips menata meja konsol agar tampak menarik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Area untuk Meletakkan Meja Konsol di Rumah

Pilih bagian jangkar

Ilustrasi meja konsol di area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi meja konsol di area pintu masuk rumah.
Sebelum mengisi permukaan meja konsol, penting mempertimbangkan bagaimana meja berhubungan dengan latar belakangnya.

Sering kali, meja konsol menempel pada dinding. Dalam hal ini, pajangan utama dapat berupa cermin, karya seni, pahatan, atau jam antik. Hal ini akan menciptakan sebuah jangkar yang memusatkan meja konsol.

Jika meja terletak di bawah jendela tinggi, menambahkan patung atau karya seni besar akan memiliki efek sama. 

Jika bagian jangkar dipasang di dinding, pertimbangkan menempatkannya setinggi mata dan memastikan lebarnya kurang dari meja konsol untuk mencegah desain yang terlihat terlalu berlebihan.

Sebagai aturan umum, bagian jangkar yang dipasang di dinding harus menyebar di ruang pertiga lebar meja konsol dan sekitar 15-25 sentimeter di atasnya.

Baca juga: 4 Tips Memilih Meja Konsol agar Tidak Salah Pilih

Pertimbangkan keseimbangan

Simetri dapat memberikan kesan tenang dan menarik perhatian. Keseimbangan bisa diciptakan dengan menambahkan lampu meja, vas, atau ornamen yang serasi di kedua ujung konsol dengan titik fokus di tengahnya.

Ini adalah pendekatan klasik untuk menata meja konsol yang bisa digunakan dalam berbagai pengaturan. 

Desain asimetris juga bisa sama menariknya meski tata letak yang tidak seimbang membutuhkan lebih banyak pertimbangan daripada desain simetris. Namun demikian, hasilnya akan memberikan kesan santai pada ruangan.

Tata letak asimetris yang efektif bisa ditopang oleh objek besar di salah satu ujungnya dengan benda-benda yang berurutan semakin tinggi ke arah sisi yang lain.

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Meja Konsol, Jadi Daya Tarik Area Pintu Masuk Rumah

Pilih benda dekoratif dengan hati-hati

Saat menata meja konsol, mulailah dengan benda-benda besar terlebih dahulu, seperti lampu, vas, dan tumpukan buku sebelum mengevaluasi keseluruhan penataan serta membawa benda-benda lebih kecil. 

Semakin banyak hiasan atau detail pada desain konsol, semakin sedikit penataan yang diperlukan karena dengan terlalu banyak perhatian pada detail, berisiko membuatnya tampak berlebihan,

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Meja Kopi Kaca, Jadi Daya Tarik Ruang Tamu

Pertimbangkan pencahayaan

Setiap meja konsol akan mendapat manfaat dari sumber cahaya, baik lampu meja berornamen, lampu tugas lengan ayun, maupun picture light.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com