Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tinggi Meja Nakas yang Ideal? Begini Cara Menentukannya

Kompas.com - 10/05/2023, 17:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja nakas atau meja samping tempat tidur adalah salah satu furnitur yang esensial di kamar tidur. Namun, memilih meja nakas yang tepat bisa menjadi tantangan.

Dikutip dari House Digest, Rabu (10/5/2023), ketinggian meja nakas merupakan faktor penting dalam menyeimbangkan ruangan dan ruang di sekitar tempat tidur, serta mencapai fungsi optimal untuk kebutuhan permukaan dan penyimpanan.

Meskipun sering kali merupakan elemen yang terlupakan, biasanya dibayangi oleh pilihan yang lebih besar seperti rangka tempat tidur dan meja rias, meja samping tempat tidur masih dapat membantu menciptakan ruang yang Anda inginkan.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Meja Nakas agar Tampak Menarik

Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.

Sementara fokus Anda mungkin pada menemukan meja nakas atau meja samping tempat tidur yang sempurna yang sesuai dengan gaya ruangan, jangan lupa untuk mempertimbangkan dimensi keseluruhan meja nakas dan bagaimana hubungannya dengan benda-benda yang diletakkan di sekitar dan di dalamnya.

Pilihan meja nakas yang buruk dapat menghasilkan ruang yang tidak teratur dan fungsionalitas yang berkurang.

Menentukan ketinggian meja nakas yang ideal

Ketinggian yang sempurna untuk meja nakas bergantung pada sejumlah faktor, termasuk ketinggian tempat tidur dari lantai, ketebalan kasur, dan keseimbangan serta proporsi ruangan secara keseluruhan.

Idealnya, Anda harus mencari meja nakas dengan ketinggian yang sedikit di bawah permukaan tempat tidur dan tidak terlalu tinggi sehingga canggung atau tidak nyaman untuk meraihnya saat berbaring. Banyak ketinggian tempat tidur sekitar 25 inci, yang berarti ketinggian meja nakas antara 24 dan 28 inci akan ideal.

Baca juga: Catat, 4 Tips Memilih Ukuran Meja Nakas yang Tepat

Lebar dapat bervariasi, karena ukuran tempat tidur yang berbeda, ruang yang tersedia, dan bagian ruangan lainnya merupakan faktor penentu. Misalnya, tempat tidur single akan membutuhkan nakas yang lebih kecil dibandingkan dengan bingkai berukuran besar.

Lebar ideal permukaan atas tidak akan membebani atau melemahkan ukuran tempat tidur, tetapi akan memberikan cukup ruang yang dapat digunakan untuk berfungsi sesuai kebutuhan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com