Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kaktus Menguning? Ini 10 Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 02/07/2023, 20:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus adalah tanaman yang dikenal karena ketangguhannya. Akan tetapi, kaktus juga bisa terkena kondisi yang menyebabkan tanaman menguning.

Apabila kaktus berubah warna menjadi kuning, ini menandakan ada sesuatu yang salah. Dikutip dari Balcony Garden Web, Minggu (2/7/2023), berikut beberapa penyebab kaktus menguning dan solusinya.

1. Penyiraman yang salah

Penyiraman yang tepat sangat penting untuk kesehatan tanaman kaktus, meskipun merupakan tanaman gurun. Pastikan air mengalir dari lubang drainase dan singkirkan batu yang menempel di dasar pot, yang dapat menyumbat drainase.

Baca juga: 4 Jenis Kaktus yang Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Ilustrasi tanaman kaktus.Shutterstock/panattar Ilustrasi tanaman kaktus.

Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan stres pada tanaman kaktus, menghasilkan warna kuning pada daun kaktus. Untuk mencegahnya, sirami kaktus hanya saat tanah benar-benar kering.

Pertimbangkan untuk menggunakan alat pengukur kelembapan untuk mengukur tingkat kelembapan tanah secara akurat.

Penyiraman yang kurang juga dapat menyebabkan masalah seperti daun kaktus menguning. Penting untuk menyiram tanaman secara teratur untuk menyediakan nutrisi penting.

Gunakan kalender di ponsel untuk mengatur pengingat dan menentukan interval penyiraman yang sempurna untuk tanaman kaktus Anda.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Kaktus, Pakai Kotoran Hewan

Jenis air pun bisa memengaruhi kondisi tanaman kaktus. Air keran dapat merusak tanah kaktus Anda, menyebabkan pembentukan kristal garam.

Jika Anda melihat noda putih di tanah, beralihlah ke campuran tanah khusus kaktus, yang terjangkau dan tersedia di sebagian besar toko tanaman. Biarkan air keran untuk duduk semalaman sebelum menggunakannya untuk menghidrasi kaktus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com