Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2023, 13:06 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bathtub merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan saat pembersihan kamar mandi. Agar kotoran atau noda tidak menumpuk, sebaiknya bathtub dibersihkan secara teratur.

Saat membersihkan bathtub, penting untuk mengatahui cara mudah membersihkan noda. Penting pula untuk menggunakan alat yang tepat.

Baca juga: Catat, Tips Memilih Bathtub Sesuai Kebutuhan

Dikutip dari Woman and Home, Minggu (2/7/2023), Paulo Filho, pemilik Celestial Cleaning Service mengatakan, dia akan menghindari penggunaan sikat yang keras, wol, alat tajam dan bahkan produk seperti pemutih atau amonia. 

Ilustrasi membersihkan bathtub. SHUTTERSTOCK/BALL LUNLA Ilustrasi membersihkan bathtub.

Ia melanjutkan, produk-produk ini dapat menyebabkan perubahan warna, dan dapat menggores serta menghilangkan lapisan mengilap pada bathtub Anda.

Anda dapat menggunakan produk pembersih alami dan peralatan yang lembut seperti sikat gigi, kain mikrofiber, dan spons non-abrasif. Berikut cara membersihkan bathtub agar kembali berkilau.

1. Singkirkan semua produk dari bathtub

Sebelum mulai menggosok, pastikan Anda memiliki ruang yang bersih untuk bekerja. Singkirkan semua barang yang cenderung Anda simpan di dalam atau di seputar bathtub.

Anda akan terkejut betapa banyak kotoran dan sampah yang bisa menumpuk di bawah benda-benda seperti tempat sabun dan botol sampo, ujar James Roberts, direktur Sanctuary Bathrooms.

Letakkan loofah dan produk tambahan lainnya di permukaan kamar mandi lain agar Anda dapat menjangkau setiap jengkal bak mandi saat membersihkannya.

Baca juga: Shower Vs Bathtub, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Kamar Mandi?

2. Bilas bathtub

Untuk memastikan Anda tidak hanya memindahkan kotoran di sekitar bathtub, pastikan Anda membilas bathtub terlebih dahulu dengan nozel pancuran atau dengan menyalakan keran dan mengalirkan air ke sekelilingnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com