Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Membawa Kemakmuran di Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 20/06/2023, 18:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama umum "tanaman uang" atau "pohon uang" digunakan untuk puluhan spesies tanaman yang berbeda dari seluruh dunia.

Pemberian nama ini bisa karena berbagai alasan, seperti tanaman memiliki daun berbentuk seperti koin atau dalam kasus praktik feng shui, beberapa tanaman memiliki hubungan simbolis yang panjang dengan kekayaan dan kemakmuran.

Varietas-varietas tanaman ini sering digunakan secara strategis sebagai tanaman hias dalam ruangan untuk mengarahkan energi feng shui guna menciptakan keberuntungan dan kemakmuran dalam finansial. 

Baca juga: 8 Aturan Menyiram Tanaman Hias di Pot agar Tak Layu dan Mati

Mengapa tanaman digunakan dalam feng shui?

Ilustrasi tanaman hias pilea peperomioides. Shutterstock/Patrycja Nowak Ilustrasi tanaman hias pilea peperomioides.
Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa praktisi feng shui cenderung menyukai tanaman. Tanaman hias sangat membantu penyesuaian feng shui karena beberapa alasan.

Pertama, memiliki tanaman di dalam rumah membantu menghubungkan kita kembali dengan alam. Di dunia ksaat ini, kita menghabiskan begitu banyak waktu di dalam rumah sehingga dapat merasa terputus dari dunia alami di sekitar kita.

Tanaman dalam ruangan adalah cara bagus mengatasi hal ini dan membantu membawa alam ke dalam ruangan. Tanaman juga mewakili elemen kayu, yang melambangkan pertumbuhan, fleksibilitas, dan kebaikan. 

Baca juga: 6 Cara Membasmi Hama di Rumah dan Tanaman Pakai Petroleum Jelly

Merawat tanaman dapat membantu Anda menumbuhkan rasa kasih sayang. Tanaman juga merupakan sumber Qi (energ) kehidupan yang sehat dan bersemangat serta dapat meningkatkan energi di rumah.

Ada beberapa jenis tanaman yang dikenal sebagai "tanaman uang" dalam feng shui. Tanaman-tanaman ini dapat sangat membantu dalam mendukung niat untuk mendatangkan lebih banyak kekayaan dan kelimpahan serta mengundang lebih banyak pertumbuhan di area kehidupan Anda. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Selasa (20/6/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang membawa kemakmuraan di rumah menurut feng shui. 

Baca juga: 5 Tips Meletakkan Tanaman Hias di Ruangan Kecil

Pilea peperomioides

Pilea peperomioides, yang juga dikenal sebagai tanaman koin atau tanaman uang Cina, memiliki daun bulat dan mengkilap yang menyerupai koin.

Tanaman hias ini membutuhkan perawatan rendah dan tumbuh paling baik dengan cahaya sedang. Tanaman ini juga mudah diperbanyak serta dibagikan kepada teman-teman, yang dapat membantu Anda merasa lebih berlimpah.

Saat mulai tumbuh, pastikan berbagi kekayaan. Bermurah hati dan berbagi apa yang Anda miliki adalah faktor penting dalam menyambut lebih banyak kemakmuran. 

Baca juga: 10 Kesalahan Menanam Tanaman Hias di Air yang Harus Dihindari

Tanaman giok

Ilustrasi tanaman giok atau jade plant.Shutterstock/Jus_Ol Ilustrasi tanaman giok atau jade plant.
Selanjutnya, tanaman hias yang membawa kemakmuran di rumah menurut feng shui adalah tanaman giok atau jade plant. 

Tanaman giok (Crassula ovata) terkadang disebut pohon uang adalah tanaman rumah yang populer karena umumnya mudah dirawat. 

Tanaman giok membutuhkan cahaya cukup untuk tumbuh subur, jadi pastikan Anda menemukan tempat cerah untuk tanaman giok. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com