Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Berapa Sebaiknya Menyiram Tanaman? Ini Waktu Terbaik

Kompas.com - 20/06/2023, 07:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air adalah salah satu kebutuhan utama yang diperlukan setiap tanaman untuk tumbuh subur selain sinar matahari, tanah yang bagus, dan pupuk. 

Tak heran, apabila menyiram tanaman penting dilakukan. Penyiraman tidak hanya bertujuan memberikan kelembapan pada tanaman, tapi juga menjadi faktor utama bagi tanaman untuk tumbuh subur dengan baik.  

Baca juga: 7 Aturan Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas agar Tidak Layu

Namun, ketika menyiram tanaman, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, seperti jumlah air, jenis air yang digunakan, dan waktu menyiram tanaman

Misalnya, untuk jumlah air, penyiraman berlebih bisa membuat akar tanaman membusuk, daun menjadi gelap atau berwarna kekuningan, hingga tanaman tidak tumbuh, bahkan mati. 

Untuk waktu menyiram tanaman juga perlu diperhatikan. Beberapa orang melakukan menyiram tanaman pada pagi hari, tapi banyak pula yang menyiram pada siang hari, sore, dan malam hari. 

Lantas, jam berapa sebaiknya menyiram tanaman?

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman Sayuran?

Ilustrasi menyiram tanaman. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman.
Demi lingkungan dan menghemat pengeluaran, Anda harus mengurangi penggunaan air saat menyiram tanaman. Anda dapat membatasi air yang terbuang sia-sia di luar rumah hanya dengan mengubah waktu menyiram tanaman.

Jika tiba di rumah pada siang hari dan melihat bunga-bunga favorit dan sayuran layu, Anda mungkin akan langsung menyalakan alat penyiram.

Namun, dilansir dari How Stuff Works, Selasa (20/6/2023), ini bukan hal yang paling menghemat air.

Ketika menyiram tanaman pada bagian terpanas pada siang hari, hingga 30 persen air akan menguap begitu saja karena panas matahari dan tidak ada gunanya bagi tanaman. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menyiram Tanaman yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Sebagai gantinya, sebaiknya menyiram tanaman pada pagi atau sore atau malam hari agar tanaman mendapatkan manfaat maksimal dari air yang paling sedikit.

Anda juga harus memperhatikan bahwa banyak tanaman yang sedikit layu akan "hidup kembali" di bagian yang lebih dingin pada siang hari, bahkan tanpa tambahan air. 

Selain itu, memastikan sebagian besar air keluar dari keran sampai ke akar tanaman, bukan ke daun atau bunganya, juga bisa mengurangi penggunaan air untuk lansekap atau kebun. 

Metode paling efisien adalah menggunakan irigasi tetes. Pastikan tidak menyiram tanaman secara berlebihan; Pasalnya, terlalu banyak air bisa berdampak buruk bagi tanaman, begitu juga dengan terlalu sedikit air. 

Baca juga: Cara Menyiram Tanaman Bunga Mawar agar Sehat dan Rajin Berbunga

Menggunakan lebih sedikit air untuk berkebun dan menyiram tanaman tidak harus berarti lebih sedikit kebun. Banyak yang bisa dilakukan hanya dengan belajar untuk tidak membuang-buang air yang Anda gunakan. 

Jadi, kini Anda sudah tahukah jam berapa sebaiknya menyiram tanaman? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com