Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2023, 09:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bathtub bisa dikatakan sebagai pusat dari kamar mandi, serta elemen dekorasi yang penting. Selain itu, bathtub menjadi tempat Anda bersantai, relaksasi, dan menenangkan diri setelah aktivitas yang padat.

Namun, memilih bathtub yang tepat bukan perkara mudah. Untuk membuat pilihan terbaik, pertimbangkan bagaimana bathtub akan berfungsi setelah dipasang dan bagaimana usianya.

Dikutip dari House Digest, Senin (5/6/2023), ini memerlukan pertimbangan beberapa faktor, termasuk ukuran, bentuk, berat, persyaratan pemasangan, bahan, dan harga.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Membersihkan Bathtub

Ilustrasi bathtub di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi bathtub di kamar mandi.

Anda yang ingin merombak kamar mandi mungkin hanya memiliki beberapa pilihan. Sebagian besar model bathtub berdiri, misalnya, memerlukan pekerjaan pipa khusus.

Selain itu, desain seperti itu mungkin tidak ideal di kamar mandi kecil. Sebaliknya, bathtub ceruk kemungkinan merupakan pilihan yang lebih baik untuk ruang kecil, karena dirancang agar pas di antara tiga dinding.

Jenis bathtub ini juga dapat dengan mudah mengakomodasi shower sebagai pilihan mandi kedua.

Di sisi lain, memasang bathtub baru memiliki banyak peluang. Misalnya, Anda dapat mendesain seluruh kamar mandi di sekitar bathtub, baik itu model ala Jepang, kaki cakar, atau bak tembaga custom yang mewah.

Baca juga: Shower Vs Bathtub, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Kamar Mandi?

Dengan bathtub model drop-in, Anda bahkan dapat mengintegrasikan desain kamar mandi Anda dengan menggunakan ubin yang sama atau opsi gratis. Ketahuilah bahwa pilihan ini mungkin memerlukan lebih banyak pekerjaan pertukangan dan biaya tenaga kerja yang lebih tinggi.

Berikut beberapa tips memilih bathtub sesuai kebutuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com