Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Tungau Debu yang Bisa Sebabkan Alergi di Rumah

Kompas.com - 05/05/2023, 16:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tungau debu adalah salah satu hama yang sering ditemukan di rumah dan berbahaya bagi orang yang alergi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membasmi tungau debu yang merupakan salah satu penyebab alergi di rumah.

Mengambil langkah-langkah sederhana untuk membantu membasmi tungau debu dapat secara drastis memperbaiki gejala alergi Anda.

Meskipun tungau debu itu sendiri tidak berbahaya bagi kebanyakan orang, kotorannya dapat memicu reaksi alergi pada mereka yang menderita alergi dan asma, kata Martin Seeley, CEO dan pakar tidur di MattressNextDay, dikutip dari Reader's Digest, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Ilustrasi membersihkan debu di lantai rumah. SHUTTERSTOCK/VIPADALOVEYOU Ilustrasi membersihkan debu di lantai rumah.

Ini termasuk masalah pernapasan dan iritasi kulit, dan dalam skenario terburuk, mereka bahkan dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh seseorang, imbuh dia.

Apa itu tungau debu?

Tidak terlihat oleh mata telanjang, tungau debu adalah makhluk mikroskopis yang tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap.

Menurut Lauren Doss, pemilik Nashville Maids, tungau debu muncul di banyak rumah, terutama di tempat dengan kelembapan tinggi dan banyak debu.

Dengan kata lain, pada dasarnya setiap orang memiliki setidaknya beberapa tungau debu di rumah mereka, terutama karena tungau debu memakan debu dan serpihan kulit mati.

Baca juga: 3 Tips Mencegah Penumpukan Debu di Kolong Tempat Tidur

Seperti apa bentuk tungau debu?

Anda tidak dapat melihat tungau debu tanpa mikroskop. Tetapi jika Anda dapat melihatnya atau jika menggunakan mikroskop, tungau debu berbentuk oval dan memiliki delapan kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com