Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Waktu Terbaik Menyedot Debu di Rumah dan Cara Membersihkan

Kompas.com - 12/12/2022, 18:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyedot debu lantai adalah tugas membersihkan rumah yang rutin dan penting dilakukan.

Menurut pakar Derek Chiu dan Leslie Tam, pendiri dan Direktur UrbanMop—sebuah perusahaan jasa kebersihan yang berbasis di Ottawa, Kanada—menyedot debu perlu dilakukan lebih sering, setidaknya dua kali seminggu untuk sebagian besar rumah, terutama jika memiliki karpet

Baca juga: 10 Tempat yang Terlupakan Saat Membersihkan Debu di Rumah

Ini dilakukan untuk menjaga lantai dalam kondisi prima. Sebab, seiring waktu, kotoran, seperti debu, kotoran, alergen, dan hama, dapat menumpuk di lantai serta membuatnya kotor serta  berpotensi menyebabkan iritasi.

Tentu saja, aturan dua kali seminggu bukan tanpa alasan. Sebagian besar ahli kebersihan mengatakan perlu menyedot lantai satu atau dua kali seminggu, tergantung pada seberapa banyak lalu lintas pejalan kaki.

Will Cotter, COO dari HappyCleans—perusahaan kebersihan yang berbasis di Oklahoma City, Amerika Serikat—mengatakan area dengan lalu lintas tinggi perlu melakukan menyedot debu dua kali seminggu karena memiliki tingkat kotoran lebih tinggi.  

Baca juga: Perhatikan, Kesalahan Membersihkan Debu yang Bikin Furnitur Rusak

Sedangkan area dengan lalu lintas rendah dapat lebih jarang menyedot debu. “Rata-rata, Anda harus menyedot debu seminggu sekali untuk menjaga kebersihan lantai dan mengurangi kotoran di rumah,” ujarnya.

Saat menentukan seberapa sering menyedot debu, Anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak orang dan hewan peliharaan yang tinggal di rumah.

"Jika memiliki hewan peliharaan, disarankan menyedot debu setiap hari karena bulu hewan peliharaan mudah menempel pada furnitur pelapis, kerpet, dan lantai," ucap Chiu dan Tam. 

Nah, dikutip dari My Domaine, Senin (12/12/2022), berikut cara membersihkan debu di rumah.  

Baca juga: 6 Benda yang Kerap Terlupakan Saat Membersihkan Debu

Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet. Shutterstock/didesign021 Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet.
Alat dan bahan yang dibutuhkan 

Cara menyedot debu 

  • Bersihkan ruangan sebelum membersihkan debu 

Luangkan waktu untuk membersihkan rumah sebelum mulai menyedot debu untuk mencegah debu beterbangan saat menyedotnya dan memastikan mendapatkan pembersihan lebih dalam.

“Bersihkan ruangan sebelum menyedot debu. Menghisap debu harus selalu menjadi hal terakhir yang dilakukan," ucap Cotter. 

Baca juga: 8 Cara Mudah Membersihkan Debu di Rumah, Tertarik Coba?

Bersihkan vacuum cleaner sebelum menggunakannya

Pastikan vacuum cleaner atau penyedot debu benar-benar bersih sebelum digunakan untuk membersihkan rumah.

Mulailah dengan mengosongkan tempat sampah dari vacuum cleaner, lemudian bersihkan debu, kotoran, atau rambut dari penyedot debu itu sendiri.

“Bahkan sebelum menyedot debu, pastikan mengosongkan wadah debu di penyedot debu untuk memastikan kebersihan yang lebih baik,” imbuh Chiu dan Tam.

Selain itu, memotong rambut kusut pada roller untuk memastikan semua kotoran dan debu dapat dengan mudah masuk ke ruang hampa. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahayanya jika Jarang Membersihkan Debu di Rumah 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com