Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat yang Terlupakan Saat Membersihkan Debu di Rumah

Kompas.com - 30/07/2022, 12:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pekerjaan rumah tangga yang tidak boleh Anda tunda terlalu lama adalah membersihkan debu.

Debu mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi penumpukan debu itu dapat menyimpan beberapa hal yang cukup menjijikkan.

Debu sebagian besar terdiri dari sel-sel kulit manusia, tetapi juga dapat mengandung tungau debu dan kotorannya, bakteri, jamur, bulu hewan peliharaan, dan bahkan virus.

Baca juga: Tungau Debu dan Tungau Kasur, Apa Perbedaan Keduanya?

Ilustrasi membersihkan debu di permukaan furniturFREEPIK.COM/PROSTOOLEH Ilustrasi membersihkan debu di permukaan furnitur

Saat debu beterbangan ke udara, partikel ini dapat memicu reaksi alergi, serangan asma, dan masalah pernapasan lainnya.

"Sangat sedikit dari kita yang berpikir tentang debu yang ada di rumah kita dan seringkali hanya membersihkan untuk menghilangkannya karena terlihat tidak sedap dipandang," kata Josh Mutlow, manajer desain untuk Dyson yang dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (30/7/2022).

Itu berarti debu dapat dengan mudah menumpuk di tempat atau tempat yang tidak terlihat di mana Anda tidak membersihkannya secara teratur, yang berdampak pada kualitas udara dalam ruangan rumah.

Membersihkan debu secara teratur adalah kunci rumah yang sehat, tetapi ada beberapa titik yang mungkin Anda lupa untuk membersihkan debu selama pembersihan biasa.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Debu Lebih Banyak di Kamar Tidur

Untuk ruangan yang bersih dan bebas alergen, perhatikan 10 area yang sering diabaikan ini di mana debu dan kuman yang menyertainya cenderung mengintai.

1. Plafon

Permukaan bertekstur dari sebagian besar plafon rumah atau langit-langit dengan mudah menumpuk debu dan sarang laba-laba, tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan area ini saat membersihkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com