Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Bergaya Industrial yang Dapat Diterapkan di Rumah

Kompas.com - 02/05/2023, 19:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya industrial adalah tren populer yang dapat membuat ruangan memiliki tampilan bergaya. 

Salah satu ciri khas gaya industrial yang paling penting adalah penggunaan baja ekspos. Ciri khas lainnya adalah dinding bata yang dicat dan kayu rustic

Baca juga: 4 Ide Interior Rumah dengan Konsep Industrial

Gaya industrial mencoba memadukan berbagai elemen untuk menciptakan perpaduan organik yang dapat merevitalisasi rumah dengan sentuhan modern.

Karena meminjam inspirasi dari pabrik dan gudang, gaya industrial memiliki gaya arsitektur unik, yang biasanya diharapkan di lanskap perkotaan.

Karakter desain ini memanfaatkan berbagai detail, seperti balok plafon dan bantuan logam. Ada banyak caramendekorasi rumah dengan gaya industrial.

Nah, untuk membantu Anda, berikut sejumlah ide dekorasi bergaya industrial yang bisa diterapkan di rumah dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (2/5/2023).  

Baca juga: 6 Tips Mendesain Kamar Mandi Bergaya Industrial

Palet warna

Ilustrasi ruang keluarga bergaya industrial.Shutterstock/jafara Ilustrasi ruang keluarga bergaya industrial.
Gaya industrial menyukai warna-warna tua dan usang dengan variasi bagus, dari aksen tanah hingga warna baja dan besi. Warna coklat dan terbakar juga akan terasa nyaman dengan gaya desain ini.

Jika tetap berpegang pada skema warna perdesaan, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam mencapai efek yang diinginkan.

Warna metalik memainkan peran penting dalam gaya desain ini dan Anda mungkin akan membutuhkan beberapa warna putih dan kayu alami untuk menjaga keseimbangan palet.

Memiliki dinding bata ekspos akan menjadi nilai tambah besar karena dapat menggunakan banyak warna merah berkarat.

Jangan khawatir jika tidak memiliki dinding bata asli karena dapat menggunakan dinding palsu dan mengecatnya agar menyerupai aslinya.

Dengan bantuan dinding bata ini, kemudian gunakan berbagai macam warna aksen saat menata elemen dekoratif lainnya. 

Baca juga: 10 Ide Desain Rumah Gaya Japandi, Perpaduan Skandinavia dan Jepang

Furnitur 

Selanjutnya, ide dekorasi bergaya industrial yang bisa diterapkan di rumah adalah melalui furnitur. Furnitur gaya industrial menggunakan kayu yang belum jadi. Untuk membuat meja kopi benar-benar terlihat seperti berada dalam dekorasi industrial, Anda harus memastikan bahwa meja tersebut terbuat dari kayu mentah.

Untuk efek lebih baik, disarankan mendapatkan meja dengan kaki logam yang terbuka. Untuk sofa dan kursi, elemen utama yang harus difokuskan adalah kulit.

Ada banyak kebebasan di sini karena Anda bisa memilih model yang lebih tradisional atau sofa lebih modern. Jika bukan penggemar berat pelapis kulit, sofa dan kursi berbahan linen adalah alternatif yang bagus. 

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis Bisa Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah, Kenapa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com