Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijamin Aman, 5 Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan di Rumah Saat Mudik

Kompas.com - 20/04/2023, 08:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa hewan peliharaan mudik atau berliburan pada masa cuti Idul Fitri ini menjadi pengalaman menyenangkan.

Pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, juga bisa menikmati mudik dan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman dengan perasaan damai karena sahabat bulu berada di dekatnya, berbeda dengan meninggalkannya di rumah yang membuat khawatir. 

Baca juga: Perlukah Memvaksin Hewan Peliharaan Sebelum Mengajak Mudik?

Namun, mudik bersama hewan peliharaan membutuhkan banyak persiapan dan pertimbangan matang, di antaranya mempersiapkan kebutuhan hewan peliharaan selama di perjalanan dan tempat tujuan, memeriksa kesehatan hewan, dan memastikan sahabat bulu tidak stres. 

Tanpa persiapan matang, menyertakan sahabat bulu dalam perjalanan mudik bisa mengalami banyak kendala serta membuat hewan stres.  

Namun, membawa hewan peliharaan mudik sebetulnya memberikan lebih banyak risiko, terutama untuk perjalanan jauh dan menggunakan mobil. 

Terlebih, hewan peliharaan yang sudah tua, sakit, atau terlalu cemas mungkin tidak dapat melakukan perjalanan. 

Baca juga: Jaga Kondisi Rumah dengan Layanan Gravel Maintenance Sebelum Mudik

Ilustrasi mudik atau berlibur bersama anjing peliharaan.Shutterstock/Viktorya Telminova Ilustrasi mudik atau berlibur bersama anjing peliharaan.
Tak hanya itu, ada beberapa hewan peliharaan yang tidak suka bepergian sehingga akan sangat rewel selama dalam perjalanan walau semua kebutuhannya telah terpenuhi. 

Sebab, hal ini adalah situasi baru atau berbeda bagi hewan peliharaan yang dapat membuatnya tak senyaman di rumah.

Tak heran, kebanyakan hewan peliharaan mengalami stres selama di perjalanan mudik. Tanda-tanda stres ini seperti mual, muntah, diare, serta lemas.  

Karena itu, Anda harus memastikan apakah hewan peliharaan layak melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Ingin Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Persiapkan Hal Ini Dulu

Nurul Anjar Prastiwi, dokter hewan yang berpraktik di Vetopet Animal Clinic, Bogor, Jawa Barat, menyarankan sebaiknya tidak perlu mengajak hewan peliharaan mudik bila dirasa kondisinya tidak terlalu penting seperti sakit dan sudah tua. 

Sebagai solusi, Anda harus meninggalkan hewan peliharaan di rumah atau menitipkannya di petshop atau pethotel demi menghindari hal-hal yang tidak dinginkan terjadi pada "anak bulu" selama di perjalanan mudik.  

Menurut Nurul, setidaknya ada lima hal utama yang perlu dipersiapkan pemilik sebelum meninggalkan hewan peliharaan di rumah selama mudik.  

Baca juga: Nippon Paint Gelar Program Mudik untuk Pekerja Bangunan

Ilustrasi kucing di dalam mobil, membawa kucing peliharaan mudik. SHUTTERSTOCK/ALENKA2194 Ilustrasi kucing di dalam mobil, membawa kucing peliharaan mudik.
Pertama, memastikan semua kebutuhan makanan dan minuman hewan peliharaan tersedia. Anda bisa menyediakannya dalam beberapa spot.

"Apabila melakukan mudik cukup lama, pemilik harus memastikan ada orang yang menjaga atau sekadar memberikan makan dan minum serta mengganti liter box/pasir hewan peliharaan," imbuh Nurul dihubungi Kompas.com via pesan teks, Kamis (20/4/2023).

Kedua, menjaga kebersihan area hewan peliharaan seperti kandang dan tempat bermainnya.

Ketiga, memastikan keamanan sahabat bulu selama di rumah. Keamanan ini meliputi keselamatan hewan dari benda-benda tajam, listrik, serta risiko sahabat bulu hilang atau dicuri. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan di Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Keempat, memberikan mainan pada hewan peliharaan agar tidak bosan dan stres selama tinggal pemiliknya mudik. Pastikan juga mainan tersebut aman untuk hewan peliharaan. 

Terakhir, memasang CCTV agar pemilik bisa mengawasi dan memantau kegiatan dan perilaku hewan peliharaan dari jauh. " Ini juga mengobati kerinduan pada 'anak bulu', " ujar Nurul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com