Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Peralatan yang Tidak Boleh Dicolok ke Terminal Listrik, Bisa Bahaya

Kompas.com - 14/04/2023, 19:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika colokan di stop kontak tidak cukup untuk menyalakan beragam peralatan elektronik yang kita butuhkan, kebanyakan dari kita beralih ke soket ekstensi atau terminal listrik.

Namun, ada beberapa perangkat yang tidak boleh dicolokkan ke terminal listrik.

Dikutip dari House Digest, Jumat (14/4/2023), peralatan yang menggunakan watt tinggi, seperti AC, atau pemanggang roti, dapat menyebabkan terminal listrik menjadi terlalu panas, yang menimbulkan bahaya kebakaran.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Listrik dengan Mudah dan Cepat

Ilustrasi stop kontak kabel, stop kontak terminal. SHUTTERSTOCK/HENRY SUDARMAN Ilustrasi stop kontak kabel, stop kontak terminal.

Anda juga tidak boleh menggunakan terminal listrik dalam ruangan yang memungkinkan terjadinya kondisi basah, seperti dapur atau ruang cuci.

Di mana pun Anda menggunakan terminal listrik, perhatikan baik-baik watt maksimumnya yang biasanya ada di label perangkat dan pastikan perangkat yang Anda colokkan tidak melebihi jumlah tersebut.

Berikut beberapa peralatan yang tidak boleh dicolok ke terminal listrik.

1. Kulkas

Peralatan elektronik besar seperti kulkas memerlukan banyak daya, yang dapat dengan mudah membebani kabel ekstensi. Kulkas harus dicolokkan langsung ke stop kontak yang didedikasikan hanya untuk menyalakan kulkas.

Baca juga: Waspada, Ini 11 Tanda Tikus Menggigit Kabel Listrik

Jika Anda mencoba menyambungkan peralatan tambahan ke stop kontak yang sama, maka akan memunculkan risiko yang berbahaya

2. Microwave

Microwave membutuhkan lebih banyak energi daripada yang dapat disediakan oleh kabel listrik. Seperti oven listrik konvensional, microwave harus memiliki stop kontak tersendiri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com