Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner yang Harus Dihindari

Kompas.com - 30/03/2023, 09:46 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner sangat membantu membersihkan rumah, terutama debu. Dengan vacuum cleaner, membersihkandebu pada lantai dan karpet mudah dilakukan.

Namun, terdapat kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan vacuum cleaner sehingga membuat pembersihan kurang efektif. 

Dilansir dari The Kitchn, Kamis (30/3/2023), berikut lima kesalahan menggunakan vacuum cleaner yang harus dihindari. 

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner, Kenapa?

Menyedot debu terlalu cepat

Menggerakkan vacuum cleaner terlalu cepat pada karpet dan lantai akan menghalanginya menghilangkan debu dan kotoran sebanyak mungkin.

Karena itu, Anda perlu memperlambat gerakan untuk menangkap setiap debu dan remah-remah serta memberi mesin lebih banyak waktu untuk menyedot kotoran.

Tidak menyapu lantai 

Sapu permukaan lantai terlebih dahulu sebelum menyedot debu. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau area-area yang sulit dijangkau oleh sebagian besar penyedot debu secara menyeluruh, terutama jika tidak menggunakan sambungan atau crevice tool.

Menyapu permukaan sebelum menggunakan vacuum cleaner juga membantu memastikan Anda tidak meninggalkan benda-benda terlalu besar atau benda lain yang dapat merusak penyedot debu di lantai.

Baca juga: Kesalahan yang Perlu Dihindari Dalam Menggunakan Vacuum Cleaner

Tidak mengambil barang besar terlebih dahulu

Sebelum menyedot debu, periksa ruang yang akan dibersihkan, lalu ambil benda-benda yang ada di lantai, seperti penjepit kertas, karet gelang, atau kertas yang lebih besar, atau mainan anak.

Sebab, semu benda ini dapat membuat pekerjaan kurang efektif dan tersangkut atau merusak vacuum cleaner. 

Kantong debu terlalu penuh

Kantong debu yang terlalu penuh dapat menyebabkan vacuum cleaner kehilangan daya isapnya. Selain mempengaruhi kinerja dalam jangka pendek, hal ini juga dapat merusak peralatan.

Kesalahan ini dapat memperpendek usia pakai vacuum cleaner. Jadi, pastikan mengosongkan kantong debu setelah selesai menggunakan. 

Baca juga: Apa Itu Vacuum Cleaner HEPA dan Kelebihannya?

Tidak membersihkan filter

Seperti halnya kantong debu yang terlalu penuh, filter udara yang tersumbat bisa menghambat aliran udara sehingga mengakibatkan unit kehilangan daya isap.

Mengganti atau mencuci filter dapat meningkatkan kinerja vacuum cleaner secara drastis. Filter sekali pakai harus diganti rata-rata setap enam bulan serta dicuci sebaiknya setiap satu hingga tiga bulan.

Periksa buku panduan untuk mengetahui secara spesifik tentang perawatan vacuum cleaner Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com