Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mencegah Penumpukan Debu di Kolong Tempat Tidur

Kompas.com - 26/03/2023, 16:55 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membersihkan rumah, terkadang terdapat sudut atau bagian tertentu yang sering terlupakan untuk dibersihkan. 

Misalnya, area belakang kloset, sudut plafon yang sulit dijangkau, hingga kolong tempat tidur. Padahal, area-area tersebut dapat mengumpulkan banyak  debu dan kotoran.

Baca juga: 10 Tempat yang Terlupakan Saat Membersihkan Debu di Rumah

Debu dapat berdampak buruk pada kesehatan sehingga perlu membersihkan area-area tersebut. Kolong tempat tidur merupakan area yang dapat menumpuk debu dengan cepat dan dalam jumlah banyak.

Dilansir dari House Digest, Minggu (26/3/2023) berikut ini cara mencegah penumpukan debu di kolong tempat tidur. 

Gunakan bed skirt

Ilustrasi kasur dengan bed skirt atau rok seprai. Shutterstock/robophobic Ilustrasi kasur dengan bed skirt atau rok seprai.
Bed skirt merupakan kain yang mengellingi dan menutupi bagian bawah tempat tidur. Kain tersebut akan menghalangi debu atau kotoran untuk masuk dan menumpuk di bawah tempat tidur.

Selain itu, bed skirt dapat menjadi bagian dari dekorasi kamar tidur. Pilih ukuran yang tepat dan pastikan bed skirt menyentuh lantai di bawahnya sehingga tidak terdapat celah.

Baca juga: Simak, Ini 7 Cara Mencegah Debu di Rumah

Jangan menyimpan benda di kolong tempat tidur

Bagian bawah tempat tidur umum digunakan sebagai ruang penyimpanan ekstra dan menghemat ruang.

Namun, cara terbaik mencegah penumpukan debu adalah menjaga area tersebut tetap kosong. Namun, sulit menjaga kebersihan barang-barang yang berada di bawah tempat tidur karena kecil kemungkinan tempat tersebut jarang dibersihkan secara teratur. 

Dengan tidak menggunakan bagian bawah tempat tidur sebagai ruang penyimpanan, debu yang terkumpul akan berkurang. Anda dapat menggunakan ruang penyimpanan alternatif seperti garasi.

Baca juga: Stop Lakukan, 6 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kolong Tempat Tidur

Bersihkan secara teratur

Bersihkan kolong tempat tidur dua kali sebulan. Namun, untuk lebih menjaga kebersihannya dan memastikan debu tidak menumpuk, cobalah membersihkannya setiap minggu atau lebih.

Cara membersihkan kolong tempat tidur akan tergantung pada beberapa faktor seperti ketinggian tempat tidur dan jenis lantai kamar tidur. 

Untuk tempat tidur rendah, Anda bisa menggunakan sambungan vacuum cleaner. Jika  memiliki ruang cukup di kamar tidur, geser tempat tidur ke samping terlebih dahulu supaya mudah membersihkannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com