Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Area dan Benda Terkotor di Rumah dan Cara Membersihkannya

Kompas.com - 26/03/2023, 11:27 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah perlu dilakukan secara rutin dan menyeluruh. Sebisa mungkin, permukaan-permukaan di rumah tidak luput dari pembersihan rutin.

Namun, terkadang ada beberapa area dan benda di rumah yang lupa dibersihkan, sulit dijangkau, atau tidak disadari dapat menumpuk banyak bakteri. 

Untuk membersihkan rumah secara lebih menyeluruh, penting mengetahui area dan benda-benda tersebut.

Berikut ini enam area dan benda terkotor di rumah beserta cara membersihkannya dilansir dari Compact Appliance, Minggu (26/3/2023).

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Tidak Disadari

Lampu

Ilustrasi lampu LED. SHUTTERSTOCK/DKAI Ilustrasi lampu LED.
Perlengkapan lampu di rumah kemungkinan besar dipenuhi debu, bulu, atau kotoran lain. Bersihkan lampu-lampu secara rutin dengan cara menyemprotkan larutan pembersih, lalu lap hingga bersih.

Kloset

Bersihkan semua bagian kloset, termasuk dudukan kloset, bagian tutup, dinding di belakang kloset, bagian dalam tangki, dan seluruh bagian luar toilet.

Bagian-bagian tersebut tidak perlu dibersihkan sesering bagian pinggir atau mangkuk toilet, tetapi sebaiknya tetap memperhatikan area-area tersebut dan membersihkannya sesering mungkin.

Baca juga: 4 Benda di Toilet yang Harus Diganti Secara Berkala

Keset kamar mandi

Keset kamar mandi dapat cepat kotor. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggantung keset setelah mandi.

Selain itu, keset yang basah dan kotor dapat ditumbuhi jamur. Maka itu, pastikan mencuci keset kamar mandi secar teratur.

Wastafel dapur

ilustrasi wastafel dapur berbahan marmer.Shutterstock/Jorge Salcedo ilustrasi wastafel dapur berbahan marmer.
Wastafel dapat mengumpulkan banyak bakteri dari daging atau ikan mentah, serta sisa makanan. Karena itu, cuci wastafel sekali sehari dengan pembersih.

Jika lebih suka menggunakan pembersih yang ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan kombinasi baking soda dan cuka putih. Jangan lupa mengganti spons dan kain lap secara teratur.

Baca juga: Cara Mengatasi Wastafel Dapur yang Tersumbat

Pegangan pada pintu dan peralatan

Baik pada peralatan maupun pintu, terdapat banyak kenop maupun gagang yang Anda sentuh setiap hari. Bagian-bagian tersebut bisa dipenuhi kuman, tapi sering lupa dibersihkan. 

Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk mengelap semua gagang di rumah Anda, terutama yang paling sering disentuh, seperti gagang kulkas, gagang pintu depan, dan pintu kamar mandi.

Perlu diingat, beberapa peralatan membutuhkan pembersih berbeda. Misalnya, jangan gunakan pemutih atau pembersih keras lainnya untuk membersihkan peralatan stainless steel. Umumnya, Anda cukup menggunakan sabun dan kain mikrofiber.

Baca juga: Meski Viral, 6 Cara Membersihkan Rumah Ini Tidak Boleh Dicoba

Remote TV

Remote TV merupakan benda yang disentuh semua orang di rumah sehingga dipenuhi kuman. Karena itu, perlu membersihkan remote TV dengan tisu antibakteri atau campuran air dan sabun.

Jangan lupa membersihkan permukaan lain yang juga digunakan bersama seperti keyboard komputer karena itu rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com