Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Tidak Disadari

Kompas.com - 22/03/2023, 08:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berurusan dengan pekerjaan bersih-bersih rumah tangga, banyak dari kita berusaha mencari jalan pintas untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin.

Hal ini karena banyak pekerjaan bersih-bersih yang sulit dan memakan banyak waktu. Namun, dengan menemukan cara yang lebih mudah menanganinya, dapat membuat tugas membersihkan rumah lebih cepat selesai.  

Baca juga: Meski Viral, 6 Cara Membersihkan Rumah Ini Tidak Boleh Dicoba

Namun, ketika membersihkan rumah, secara tidak sengaja menciptakan beberapa kebiasaan buruk guna mempercepat pekerjaan bersih-bersih.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi beberapa kebiasaan membersihkan rumah tertentu sebenarnya dapat membuat hidup lebih sulit.

Jika bertekad mengoptimalkan metode pembersihan rumah, penting mengetahui kebiasaan buruk apa yang mungkin Anda miliki dan menghindarinya. 

Dengan menghentikan kebiasaan buruk tersebut, dapat menghasilkan rumah yang lebih bersih dan tidak membuang banyak waktu. 

Dilansir dari Rhythm of the Home, Rabu (22/3/2023), berikut enam kebiasaan buruk membersihkan rumah yang tidak disadari. 

Baca juga: 5 Manfaat Sikat Gigi Bekas untuk Membersihkan Rumah

Membersihkan dengan alat kotor 

Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.Shutterstock/Anna Puzatykh Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.
Terkadang Anda terburu-buru membersihkan lantai dan mungkin tidak menyadari bahwa kain pel yang digunakan kotor.

Contoh lain, jika mesin cuci tidak terlalu bersih, cucian Anda dapat meninggalkan bau tidak sedap setelah dicuci.

Masalah-masalah ini memiliki kesamaan, yakni melibatkan pembersihan dengan peralatan yang kotor. Jadi, Anda tidak dapat mengharapkan hasil pembersihan yang baik jika tidak memperhatikan tingkat kekotoran vakum, spons, mesin cuci, dan alat pembersih lainnya di sekitar rumah. 

Baca juga: 8 Kegunaan Baking Soda untuk Membersihkan Rumah

Membiarkan piring kotor menumpuk

Ini adalah kebiasaan buruk yang dimiliki banyak orang. Membiarkan piring kotor menumpuk di bak cuci piring bukan ide baik. Ini menjadi kebiasaan buruk membersihkan rumah yang tidak disadari. 

Ini tak hanya mengundang hama serangga, tapi juga mempersulit pekerjaan bersih-bersih karena sisa makanan akan mengeras dan tidak mudah dibersihkan.

Kebiasaan yang baik adalah menyisihkan waktu beberapa menit setelah makan untuk mencuci piring. Jika memiliki mesin pencuci piring, ini bisa membuat mencuci piring lebih mudah.

Idealnya, mesin pencuci piring harus bekerja setelah makan malam ketika sudah terisi penuh dengan semua piring kotor hari itu. 

Baca juga: Hindari, Ini 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Bikin Makin Kotor

Menggunakan disinfektan secara tidak benar

Ilustrasi kain mikrofiber, kain mikrofiber untuk membersihkan rumah.SHUTTERSTOCK/FOTODUETS Ilustrasi kain mikrofiber, kain mikrofiber untuk membersihkan rumah.
Ketika menggunakan disinfektan pada suatu permukaan, penting menunggu beberapa menit agar larutan pembersih bekerja baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com