Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Ini Kegunaan Kulit Jeruk untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 11/01/2023, 21:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk adalah salah satu buah populer yang digemari banyak orang. Alih-alih membuang kulit jeruk ke tempat sampah, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan berbagai benda di rumah. 

Kulit jeruk menghasilkan minyak alami, yang disebut D-limonene, yang digunakan dalam banyak produk pembersih karena membantu menjaga permukaan tetap berkilau, bersih, dan harum. 

Selain itu, kulit jeruk memiliki sifat antibakteri untuk membunuh kuman rumah tangga.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Menyimpan Jeruk agar Tetap Segar

Ilustrasi kulit jeruk. PIXABAY/DIDGEMAN Ilustrasi kulit jeruk.

Dengan demikian, Anda bisa mengurangi penggunaan produk pembersih kimia dan memanfaatkan kulit jeruk sebagai pembersih alami.

Dikutip dari Cnet, Rabu (11/1/2023), berikut beberapa manfaat kulit jeruk untuk membersihkan rumah dan cara menggunakannya.

1. Mengembalikan kilau peralatan stainless steel

Gunakan kulit jeruk atau sisi luar kulitnya, untuk memoles noda minyak di kulkas, kompor, atau keran. Anda juga dapat menggunakan sisi empulur atau bagian dalam kulit jeruk untuk menggosok peralatan perak agar berkilau seperti baru.

2. Membersihkan bagian dalam microwave

Masukkan kulit jeruk ke dalam mangkuk tahan microwave dengan air dan panaskan selama 60 detik. Uap akan melonggarkan kerak makanan untuk pembersihan cepat dan kulitnya akan menyegarkan bau tak sedap di microwave.

Baca juga: 7 Manfaat Kulit Jeruk untuk Pembersihan di Area Dapur

3. Produk pembersih alami

Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk sebagai produk pembersih alami. Masukkan beberapa kulit ke dalam stoples dan isi dengan cuka putih.

Biarkan campuran meresap selama dua minggu, lalu saring ke dalam botol semprot. Pembersih ini sangat bagus untuk kompor, pintu lemari es, microwave dan meja batu, marmer, dan laminasi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com