Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2023, 14:26 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu makanan sehat dan bergizi tinggi. Tak heran, ikan banyak dikonsumsi setiap harinya selain harganya yang terbilang lebih terjangkau dibanding daging. 

Namun, ikan memiliki bau amis yang dapat bertahan di dapur setelah memasak dan mengolahnya. Untungnya, bau amis ikan mudah dihilangkan dari dapur menggunakan cara dan bahan-bahan alami. 

Dilansir dari Love to Know, Rabu (15/3/2023), berikut cara menghilangkan bau amis ikan dari dapur. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dari Tangan dan Talenan

Gunakan cuka

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.
Selain dikenal sebagai pembersih alami, cuka efektif menghilangkan berbagai bau, termasuk bau amis ikan. Tambahkan sekitar 60 mililiter cuka putih ke dalam 473 mililiter air, lalu rebus di dalam panci hingga mendidih. 

Biarkan uap atau asap dari larutan tersebut keluar dan menyebar ke seluruh dapur untuk menetralisir bau. 

Aliran udara

Menghilangkan bau ami jauh lebih mudah bila ada aliran udara di dapur yang memadai. Mulailah membuka jendela di dapur atau ruang makan, lalu nyalakan exhaust fan guna membantu menghilangkan bau amis dengan cepat.

Baca juga: Mudah, 8 Cara Menghilangkan Bau Gosong di Dapur

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan dengan cepat. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam panci berisi air mendidih di atas kompor.

Selain itu, Anda dapat menggunakan diffuser aroma di dapur untuk mengharumkan serta menyegarkan ruangan. 

Kulit jeruk

Ilustrasi kulit jeruk. PIXABAY/ESUDROFF Ilustrasi kulit jeruk.
Bahan alami untuk menghilangkan bau amis ikan dari dapur adalah kulit jeruk, entah itu lemon, jeruk nipis, dan buah jeruk.

Untuk memanfaatkannya, ambil kulit jeruk, lalu rebus dalam panci sampai mendidih, dan biarkan uapnya menyebar ke seluruh dapur. Kulit jeruk efektif menghilangkan bau amis ikan dalam waktu singkat.

Baca juga: Sitrun, Senyawa Asam yang Ternyata Bisa Bantu Bersihkan Rumah

Segera bersihkan piring bekas mengolah ikan 

Segera bersihkan piring-piring atau perabotan yang digunakan untuk menyajikan ikan dan buang sisa-sisa ikan yang dibersihkan ke tempat sampah luar. Semakin cepat membersihkan, semakin cepat mencegah dapur berbau. 

Gunakan ampas kopi

Aroma kopi yang diseduh membantu menghilangkan bau amis ikan. Setelah selesai menyeduh kopi, ambil ampasnya dan biarkan di meja semalaman. Ampas kopi akan menetralisir bau amis ikan dari dapur dan pada pagi hari, segera membuang ampas kopi. 

Baca juga: Manfaatkan Ampas Kopi Bekas untuk Ragam Hal Ini

Buang sampah ke luar rumah

Setelah membersihkan peralatan makan, jangan lupa membersihkan sampah dapur. Sampah dapur menjadi salah satu sumber bau di ruang memasak.

Buang piring sekali pakai, kemasan makanan yang berbau amis, dan buang sampah-sampah yang berbau amis ke tempat sampah di luar rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com