Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Mandi Menyatu dengan Dapur Bikin Harga Jual Rumah Turun, Kenapa?

Kompas.com - 14/03/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Sun

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli dan menjual rumah adalah bisnis yang mahal dengan dapur dan kamar mandi yang biasanya menjadi area terpenting di dalam hunian. 

Dapur dan kamar mandi menjadi ruangan-ruangan yang mahal untuk didekorasi ulang serta letak keduanya juga sangat penting diperhatikan. 

Baca juga: Bisa Hambat Cuan, Ini 4 Lokasi Kamar Mandi Terburuk Menurut Feng Shui

Meski sebagian besar rumah menginginkan kamar mandi di lantai bawah, ternyata memiliki satu-satunya kamar mandi yang dapat diakses melalui dapur atau menyatu dengan dapur dapat mengurangi ribuan dolar dari harga jual rumah yang ditawarkan.

Dikutip dari The Sun, Selasa (14/3/2023), sebuah survei yang dilakukan Mira Showers terhadap pemilik rumah di Inggris dan calon pembeli menemukan bahwa aksesibilitas adalah kuncinya dan tata letak kamar mandi menyatu dengan dapur tidak populer.

Kamar mandi yang berada di dapur biasanya ditemukan di rumah-rumah bergaya lama atau bertingkat karena dibangun ketika kakus masih menjadi hal biasa sehingga kamar mandi ditambahkan di bagian belakang rumah pada perluasan selanjutnya. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi 

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/3dottawa Ilustrasi kamar mandi.
Namun, hal ini menjadi kurang menarik di pasar modern. Hampir setengah, yakni 49 persen, orang Inggris mengaku akan menawarkan harga lebih murah 7.000 poundsterling atau sekitar Rp131 juta jika sebuah rumah memiliki tata letak kamar mandi menyatu dengan dapur. 

Sementara itu, seperlima orang lainnya mengatakan akan menawarkan antara £10.000 (Rp187 juta) dan £20.000 (Rp374 juta) lebih rendah dari harga yang diminta jika hanya memiliki satu kamar mandi berada di dapur.

Jadi, jika saat ini sedang mencari rumah, perlu diperhatikan bahwa tata letak ini dapat merugikan Anda pada masa depan. 

Baca juga: 5 Warna Cat Ini Harus Dihindari di Kamar Mandi, Ini Alasannya 

Survei ini juga menemukan bahwa orang cenderung membayar lebih mahal jika sebuah rumah memiliki kamar mandi yang tidak menyatu dengan dapur. 

Sebanyak tiga perempat pembeli mengatakan akan membayar lebih mahal untuk properti yang memiliki fitur ini. Sepertiga mengakui akan meningkatkan penawaran mereka jika sebuah rumah memiliki lebih banyak kamar mandi daripada kamar tidur.

Sementara tiga dari empat orang Inggris juga akan membayar lebih mahal untuk rumah yang memiliki kamar mandi yang telah dimodernisasi atau baru saja direnovasi.

Tom Greenacre, Direktur Penjualan Divisi di Purple Bricks, mencatat sembilan dari 10 kali akan membantu penjualan properti jika Anda memiliki kamar mandi modern dibanding kamar mandi kuno. 

Baca juga: 5 Ide Menciptakan Kamar Mandi Mewah dengan Anggaran Terbatas

Tom pun merenovasi kamar mandi milikinya dengan warna cat dinding kuning yang sudah usang menggunakan cat semprot putih dari Poundland dan terlihat seperti kamar mandi baru.

Selain itu. ia memperbarui lantai kamar mandi yang berwarna abu-abu menggunakan stiker ubin seharga Rp216 ribu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com