Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Punya, 6 Hal Penting Ini Harus Disiapkan Saat Listrik Padam

Kompas.com - 13/03/2023, 18:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pemadaman listrik biasanya berlangsung singkat, tetapi ada kalanya listrik padam selama lebih dari beberapa jam, bahkan bisa berhari-hari.

Dalam skenario terbaik, Anda akan mendapatkan peringatan sebelum pemadaman listrik terjadi seperti selama badai petir atau salju. 

Baca juga: Waspada, Ini 7 Tanda Listrik di Rumah Bermasalah

Dalam banyak kasus, Anda tidak memiliki waktu untuk bersiap-siap saat pemadaman listrik tiba-tiba terjadi. Inilah sebabnya sangat penting mempersiapkan beragam perlengkapan selama masa darurat atau hal tidak menyenangkan tersebut berlangsung.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (13/3/2023), berikut sejumlah hal penting yang harus disiapkan saat listrik padam

Makanan yang tidak mudah rusak 

Ilustrasi buah-buahan dengan gula tinggi, seperti pisang dan anggur.Couleur Ilustrasi buah-buahan dengan gula tinggi, seperti pisang dan anggur.
Saat listrik padam, kemungkinan besar Anda tidak dapat memasak makanan seperti biasa. Disarankan menjaga dapur tetap terisi dengan makanan yang tidak mudah rusak yang dapat dimakan dengan mudah tanpa dimasak.

Memiliki persediaan makanan yang dapat disimpan di rak dapat berguna selama pemadaman listrik karena Anda mungkin juga tidak dapat pergi ke toko bahan makanan dalam cuaca  sangat buruk. 

Baca juga: 7 Perbedaan Water Heater Listrik dan Gas, Mana Lebih Baik?

Air

Pasokan air tidak selalu terganggu saat listrik padam, tetapi penting untuk tidak bergantung pada air keran secara eksklusif selama keadaan darurat.

Sebaiknya, menimbun air minum dalam kemasan setidaknya untuk tiga sampai empat hari. Meski kecil kemungkinannya, peristiwa cuaca buruk yang menyebabkan pemadaman listrik  dapat mempengaruhi pasokan air.

Karena itu, penting memiliki pasokan air yang cukup untuk minum, memasak, dan kebersihan pribadi. Jiki memiliki sumur, pertimbangkan memasang pompa tangan agar dapat menikmati pasokan air meski mati listrik. 

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini 4 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Senter dan lampion 

Ilustrasi senter yang merupakan contoh manfaat dari cermin cekung.pixabay.com Ilustrasi senter yang merupakan contoh manfaat dari cermin cekung.
Selanjutnya, hal penting yang harus disiapkan saat listrik padam adlaah senter dan lampion. Pasalnya, tidak ada listrik berarti tidak ada cahaya. Meski bukan ide buruk memiliki beberapa senter bertenaga baterai klasik, disarankan juga membeli alat manual yang dapat diaktifkan melalui gerakan seperti lilitan mekanis.

Simpanlah berbagai macam lentera di rumah untuk dipersiapkan apabila terjadi pemadaman listrik. Jangan lupa umenjaga persediaan baterai yang tepat jika beberapa senter memerlukannya. 

Baca juga: Ternyata, Ini 4 Penyebab Tagihan Listrik Naik dengan Cepat

Baterai portabel

Disarankan menyimpan beberapa baterai sekali pakai untuk senter atau perangkat kecil lainnya seperti radio darurat di rumah. 

Selain itu, memiliki baterai portabel yang dapat diisi ulang. Barang semacam ini bisa menjadi penyelamat dalam keadaan darurat seperti pemadaman listrik.

Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya ponsel dan melakukan panggilan darurat saat dibutuhkan.

Power bank portabel merupakan investasi bagus. Jika memiliki kebutuhan lebih berat, cobalah memilih pembangkit listrik yang lebih besar dan tetap mengisinya untuk menyiapkan daya cadangan. 

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com