Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Aseton untuk Bersihkan Saluran Air Mampet, Ini Bahayanya

Kompas.com - 13/03/2023, 17:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air mampet atau tersumbat adalah masalah yang harus segera ditangani. Namun demikian, Anda tidak bisa menggunakan sembarang produk pembersih untuk menangani masalah saluran air tersumbat.

Dikutip dari House Digest, Senin (13/3/2023), tanda-tanda saluran air mampet dapat dilihat secara perlahan, mulai dari air mengalir lebih lambat dari biasanya. Kemudian, tiba-tiba, air mengalir lebih lama, dan kemudian bau busuk keluar dari saluran air. 

Bila dibiarkan lebih lama lagi, apa pun yang menghalangi saluran air bisa menjadi sangat buruk sehingga akhirnya menyebabkan pipa bocor atau pecah.

Baca juga: Menggunakan Soda Api untuk Atasi Saluran Air Mampet, Apakah Aman?

Ilustrasi pembersih cat kuku, kuteks, aseton.SHUTTERSTOCK / pzAxe Ilustrasi pembersih cat kuku, kuteks, aseton.

Beberapa orang percaya aseton adalah solusi membuka sumbatan saluran air bak cuci piring atau wastafel.

Aseton adalah cairan yang biasanya digunakan untuk memecah berbagai jenis zat, seperti minyak, cat, dan pernis, serta untuk menghapus cat kuku atau kuteks.

Jadi, tidak mengherankan jika beberapa pemilik rumah mungkin mempercayai solusi ini untuk menghilangkan kotoran dari saluran air. Namun, sebaiknya Anda jangan pernah menggunakan pelarut ini, berikut bahayanya.

Bahaya aseton untuk saluran air mampet

Meskipun aseton cukup kuat untuk melarutkan berbagai zat, bukan berarti Anda harus membuangnya ke saluran air. Aseton kemungkinan akan merusak apa pun yang menyumbat pipa, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan parah.

Baca juga: Hindari Penggunaan Pemutih untuk Membersihkan Saluran Air

Misalnya, banyak sistem pipa yang terbuat dari plastik, yang merupakan bahan yang mudah dilelehkan oleh aseton. Selain itu, zat ini juga mudah terbakar dan dapat menyebabkan ledakan di dalam sistem pipa Anda jika ditangani dengan buruk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com