Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pemilik Anak Anjing

Kompas.com - 14/02/2023, 12:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik anak anjing baru akan mendengar banyak nasihat tentang perawatan dan pelatihan anak anjing, dari keluarga, tetangga, bahkan pemilik anjing lainnya saat berada di taman anjing.

Beberapa nasihat itu ada yang betul dan lainnya kurang tepat. Namun, mengingat minggu-minggu awal dengan anak anjing baru sangat penting, Anda perlu menyaring saran tersebut dan melakukan yang terbaik untuk anak anjing serta membangun hubungan dengan Anda.

Dilansir dari AKC, Selasa (14/2/2023), berikut lima hal yang tidak boleh dilakukan pemilik anak anjing.  

Baca juga: 8 Cara Membuat Rumah yang Aman untuk Anak Anjing Baru

Jangan lewatkan sosialisasi

Ilustrasi anak anjing.Shutterstock/Vika Dubrovskaya Ilustrasi anak anjing.
Tiga bulan pertama kehidupan anak anjing memiliki pengaruh signifikan terhadap seberapa puas dan penyesuaian diri anjing tersebut saat dewasa.

Anak anjing yang tersosialisasi dengan baik akan merasa nyaman dengan hampir semua hal yang diberikan dunia, sedangkan anak anjing yang tidak tersosialisasi dengan baik akan kurang percaya diri dan mudah merasa kewalahan atau ketakutan.

Seorang peternak yang baik akan segera mensosialisasikan anak anjing. Namun, begitu Anda membawa pulang hewan peliharaan baru, tanggung jawab tersebut berada di tangan Anda.  

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Anjing Alaskan Malamute dan Siberian Husky

Sosialisasi anak anjing tidak hanya bertemu dengan orang dan anjing baru meskipun hal itu sangat penting. Sosialisasi juga berarti memperkenalkan anak anjing pada sebanyak mungkin pengalaman baru dengan cara positif.

Hal ini dapat mencakup permukaan baru seperti lantai keramik di dapur, suara baru seperti suara mesin penyedot debu, atau hewan lain seperti kucing atau hamster.

Kuncinya, membuat semua hal baru ini menyenangkan dan bermanfaat. Jangan paksa anak anjing ke dalam situasi yang mereka anggap menakutkan. Satu pengalaman buruk dapat membatalkan semua kerja keras Anda.

Sebaliknya, bergeraklah sesuai dengan kecepatan anak anjing, tetaplah optimis, dan kaitkan setiap pengalaman dengan sesuatu yang disukai anak anjing seperti pujian atau hadiah. 

Baca juga: Anjing Saling Mengendus Pantat Saat Bertemu, Normalkah?

Jangan berikan banyak kebebasan terlalu cepat

Ilustrasi anak anjing.Shutterstock/Rita_Kochmarjova Ilustrasi anak anjing.
Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilakukan pemilik anak anjing adala memberikan banyak kebebasan terlalu cepat.

Membiarkan anak anjing berkeliaran bebas di sekitar rumah memiliki konsekuensi serius. Anak anjing tidak hanya dapat mengalami kecelakaan di kamar mandi, tetapi juga dapat merusak properti Anda dan melukai diri mereka sendiri dalam prosesnya.

Pemeriksaan terhadap anak anjing, seperti menjauhkan obat-obatan dan racun dari jangkauan dan menutupi kabel listrik, penting untuk keselamatan hewan peliharaan baru Anda.

Namun, itu saja tidak cukup. Anda harus mengawasi anak anjing setiap saat. Jika mereka belajar untuk bersenang-senang sendiri saat Anda membelakanginya, mereka pasti akan mengembangkan kebiasaan buruk seperti mengunyah kaus kaki atau alas tiang.

Lebih mudah dan aman untuk mencegah perilaku bermasalah daripada memperbaikinya pada kemudian hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com