Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Suara Anjing dan Artinya, dari Menggonggong hingga Mengerang

Kompas.com - 05/02/2023, 10:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing memiliki dan mengeluarkan banyak suara yang berbeda, dari menggonggong, merangung, menggeram, merengek, hingga menangis. 

Ada beberapa ras anjing yang cenderung lebih suka bersuaras daripada yang lain. VetStreet menyusun daftar ras anjing paling cerewet dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap lebih dari 250 dokter hewan profesional. 

Baca juga: Bikin Gemas, Ini 5 Cara Melatih Anjing Peliharaan Tersenyum

Walhasil, anjing Beagle, Siberian husky, Schnauzer, Chihuahua, Yorkshire terrierJack russell, Basset hound, German shepherd, Dachshund, dan hampir semua terrier cenderung banyak bersuara.

Menurut American Kennel Club (AKC)—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat—beberapa ras anjing juga cenderung memiliki suara khas tertentu.

Misalnya, anjing Rottweiler "mendengkur", Siberian husky "berbicara", dan Shiba Inu "berteriak" alih-alih menggonggong. 

Namun, secara umum, ada beberapa suara yang dibuat sebagian besar anjing untuk berkomunikasi dengan anjing lain dan manusia.

Dilansir dari Treehugger, Minggu (5/2/2023), berikut beberapa suara anjing dan artinya yang digunakan untuk menyuarakan kebutuhan, frustrasi, ketakutan, dan kesenangannya. 

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Menggonggong 

Ilustrasi anjing Akita inu.Shutterstock/Ann Tyurina Ilustrasi anjing Akita inu.
Anjing menggonggong dipengaruhi sejumlah situasi. Anjing mungkin sedang memperingatkan Anda akan bahaya atau hanya menunjukkan betapa bahagianya dia karena Anda berada di rumah.

AKC mengatakan gonggongan dapat menunjukkan kegembiraan atau ketakutan, kemarahan atau kesadaran, serta frustrasi atau kebutuhan. 

Kunci memahami gonggongan anjing adalah konteks dan mengenalnya. Gonggongan terdengar berbeda tergantung pada tujuannya dan apa yang memicunya. 

Baca juga: 5 Mitos Anjing Pit Bull, dari Gigitan Mematikan sampai Sulit Dilatih

Whole Dog Journal mengatakan seekor anjing yang kesal karena kecemasan akan perpisahan, misalnya, akan menggonggong dengan nada tinggi dan berulang-ulang yang semakin tinggi saat semakin cemas dan kesal, kata

Gonggongan kebosanan, di sisi lain, lebih monoton dan berulang-ulang. Gonggongan tanda bahaya biasanya tajam dan cepat, sedangkan gonggongan alarm serupa dengan intensitas yang lebih tinggi.

Ketika anjing peliharaan menginginkan sesuatu dari Anda, gonggongannya tajam dan terus menerus. Gonggongan yang mencurigakan biasanya pelan dan rendah.

Gonggongan ketakutan juga rendah, tetapi biasanya lebih cepat, serta gonggongan yang lucu terdengar menyenangkan. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berbulu Kasar yang Populer dan Banyak Dipelihara

Menggeram 

Ilustrasi anjing English cocker spaniel. Shutterstock/Kristina Chizhmar Ilustrasi anjing English cocker spaniel.
Menggeram adalah suara anjing yang sering kali menjadi tanda peringatan. Geraman bertujuan memberi tahu anjing lain atau seseorang untuk mundur.

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com