Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Sandal Dalam Ruangan Berdasarkan Materialnya

Kompas.com - 24/01/2023, 21:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang mengenakan sandal di dalam rumah mereka untuk melindungi kaki dari benda tajam yang mungkin tidak terangkat saat dibersihkan dan rasa dingin dari lantai, terutama saat cuaca dingin. 

Umumnya, sandal dalam ruangan terbuat dari material yang lembut untuk memberi kenyamanan saat menggunakannya.  

Baca juga: Tak Perlu Dicuci, Begini Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Sandal

Meski digunakan di dalam rumah, sandal dalam ruangan bisa kotor dan mengumpulkan debu, bahkan memerangkap bau pada serat lapisan sandal. 

Maka itu, perlu mencuci sandal dalam ruangan secara rutin. Namun, sandal dalam ruangan ini perlu dicuci secara terpisah dengan pakaian kotor lainnya karena bisa merusak bentuk atau kelembutannya.

Dilansir dari Express, Selasa (24/1/2023), menurut ahli kebersihan, mencuci sandal dalam ruangan hanya membutuhkan sabun cuci piring, baking soda, dan sikat gigi. 

Sebagai aturan umum, sandal harus dibersihkan menggunakan tangan daripada mesin cuci meski terbuat dari bahan sederhana seperti kapas.

Saat memilih bahan untuk menghilangkan noda dan bau dari sandal dalam ruangan, Anda harus tetap menggunakan formula lembut yang sama dengan yang digunakan untuk sepatu resmi. Berikut cara mencuci sandal dalam ruangan berdasarkan materialnya. 

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Sepatu dan Sandal agar Rumah Tidak Berantakan

Sandal berbahan wol

Ilustrasi sandal dalam ruangan.Shutterstock/Rawpixel.com Ilustrasi sandal dalam ruangan.
Pakar mengatakan, karena sifatnya yang alami dan antibau, wol perlu dibersihkan lebih jarang daripada bahan lainnya.

Artinya, Anda hanya membutuhkan sikat berbulu lembut seperti sikat gigi, sabun cuci piring, mangkuk kecil, dan kain untuk membersihkan kotoran pada sandal dalam ruangan. 

Mulailah menghilangkan kotoran yang menempel dengan sikat kering untuk membersihkan berbagai bagian sepatu. Selanjutnya, buat campuran pembersih yang terdiri atas sekitar 500 mililiter ua cangkair hangat dan dua tetes sabun cuci piring.

Basahi kain bersih dalam larutan tersebut dan seka untuk menghilang noda pada sandal dalam ruangan. Biarkan sandal mengering di udara selama mungkin untuk menghidupkan kembali serat halus. 

Baca juga: Manfaat Mengenakan Sandal di Dalam Rumah

Katun

Gunakan detergen cair yang lembut untuk mencuci sandal yang terbuat dari bahan sintetis, kain, atau katun alih-alih sabun cuci piring. Gunakan sikat gigi untuk gaya menghilangkan pasir dan kotoran.

Rawat noda dengan sedikit mengoleskan detergen, baik menggunakan jari maupun sikat bersih. Pijat sabun ke noda dan biarkan selama 10 menit.

Seka sandal dengan kain bersih untuk menghilangkan sabun dan biarkan hingga kering. Anda bisa mengisinya dengan handuk kertas atau koran untuk mempercepat proses pengeringan.

Pofesional kebersihan memperingatkan tdak menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sandal dalam ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com