Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Kucing yang Ramah dengan Anak-anak, dari Birman hingga Ragdoll

Kompas.com - 24/01/2023, 13:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah tambahan bagus untuk keluarga mana pun. Kucing dapat membawa cinta dan kesenangan di rumah.

Namun, jika rumah tangga memiliki anak, Anda harus mempertimbangkan kesejahteraan kucing serta keamanan dan kesenangan anak. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kucing Hitam, Ternyata Bawa Keberuntungan

Anak-anak cenderung menyentuh, menarik, dan mendorong kucing dengan kasar. Meski kucing peliharaan memiliki kemampuan menyingkir dan berlari ke tempat tinggi, sahabat bulu terkadang masih bisa lengah.

Karena itu, Anda harus mencari ras kucing yang tidak hanya berkepribadian lembut, penyayang, dan setia, tetapi juga kuat. 

Kucing harus siap menerima pelukan dan tidak marah atau agresif jika anak-anak secara tidak sengaja mencengkeramnya dengan keras. 

Nah, dikutip dari PetKeen, Selasa (24/1/2023), berikut tujuh ras kucing yang ramah untuk anak-anak.  

Baca juga: Hati-hati, 8 Tanaman Hias Ini Beracun untuk Kucing

Abyssinian

Jenis Kucing AbyssinianFreepik/wirestock Jenis Kucing Abyssinian
Abyssinian adalah pilihan sempurna untuk rumah tangga yang memiliki anak kecil. Kucing Abyssinian dikenal cerdas dan cukup cepat untuk menjauhi balita, tetapi penyayang serta penuh kasih sayang untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua.

Ras kucing ini juga dapat hidup dengan kucing lain dan tinggal di rumah dengan anjing yang berperilaku baik serta sopan.

Bengal

Bengal adalah kucing yang aktif dan lincah. Jika rumah memiliki anak, pastikan memeriksa dengan peternak berapa generasi jarak kucing tersebut dengan kerabat hibrida kucing macan tutul liar.

Idealnya, pastikan bahwa kucing domestik Anda setidaknya berjarak empat generasi dari tahap kucing liar tersebut. Kucing Bengal suka memanjat, berjalan, dan sering kali dapat diajari untuk mengambil dan bermain, bahkan dengan anak kecil.  

Baca juga: 7 Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya

Birman

Ilustrasi kucing Birman.Shutterstock/Borkin Vadim Ilustrasi kucing Birman.
Selanjutnya, ras kucing yang ramah untuk anak-anak adalah Birman. Kucing ini juga dianggap sebagai ras yang agak ajaib dan Birman di setiap negara sedikit berbeda. 

Namun, secara umum, Anda bisa mengharapkan kucing yang tenang dan tidak akan marah atau agresif.

Kucing Birman toleran terhadap balita yang suka merengek, bergaul dengan hewan peliharaan lain di rumah, dan senang menghabiskan waktu bersama manusia. 

Baca juga: Ragam Alasan Kucing Suka Tidur di Wastafel

British shorthair

Kucing British shorhair memiliki sikap lembut, bahkan sedikit pendiam dan tenang. Kucing ini akan menjadi anggota keluarga yang setia dan penuh kasih sayang tanpa menjemukan serta terlalu lengket.

Ras kucing ini juga dikenal tangguh dan kuat, cenderung terhindar dari sebagian besar penyakit, serta menjadi tambahan bagus untuk rumah keluarga. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com