Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Kucing Bermimpi Saat Tidur dan Apa yang Dimimpikan?

Kompas.com - 11/01/2023, 17:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur siang tidak hanya baik dan dibutuhkan manusia, tapi juga kucing. Tak heran, beberapa pemilik kucing akan mendapati sahabat bulu tidur siang di bawah sinar matahari sepanjang hari seperti di dekat jendela. 

Kucing menghabiskan banyak waktu untuk tidur rata-rata 12-15 jam sehari. Kucing tampaknya menikmati tidur, tetapi bisakah kucing bermimpi? Apa yang dimimpikan kucing?  

Baca juga: 7 Cara Kucing Menunjukkan Cinta kepada Pemiliknya

Kenyataannya, kucing bisa bermimpi seperti halnya manusia. Katy Nelson, dokter hewan senior di Chewy, mengatakan penelitian telah menunjukkan semua mamalia bermimpi.

Selama tidur, otak mamalia perlu mengatur dan menyusun gambar-gambar dari hari itu. Para ilmuwan menyimpulkan melalui studi otak tikus bahwa tingkat aktivitas otak saat melakukan teka-teki atau menavigasi labirin mirip dengan tingkat aktivitas yang diukur selama tidur REM (rapid eye movement)- tingkat terdalam dari tidur-membuktikan bahwa kucing bermimpi.

Mengapa hewan tidur?

Ilustrasi kucing tidur.Shutterstock/RJ22 Ilustrasi kucing tidur.
Bagi manusian, tidur begitu penting bagi kesehatan dan kesejahteraan. Ternyata, tidur juga penting bagi hewan.

"Memahami proses tidur membantu menjelaskan mimpi. Tidur adalah keadaan berkurangnya kesadaran yang ditandai dengan berkurangnya aktivitas sensorik dan otot sukarela," imbuh Nelson dikutip dari Reader's Digest, Rabu (11/1/2023), 

Tidur membantu pertumbuhan dan perbaikan sistem tubuh. Selama tidur, otak tampaknya juga memproses informasi yang dipelajari pada siang hari. Inilah alasan kucing suka tidur pada Anda.  

Baca juga: 7 Alasan Kucing Tidur Telentang, dari Merasa Aman hingga Hamil

Apakah kucing bermimpi seperti manusia?

Anda mungkin pernah terbangun dalam berbagai kesempatan mengingat mimpi Anda dan bertanya-tanya apa artinya. Lantas, apakah kucing bermimpi dan memiliki pengalaman serupa?

Nelson memaparkan selama tidur non-REM, otak mengambil gambar-gambar yang terlihat sepanjang hari dan mengatur ulang gambar-gambar tersebut dalam mimpi untuk memproses serta memahami apa yang dilihat dengan lebih baik.

Skenario serupa adalah bagaimana editor film mengambil klip video yang berbeda dan mengaturnya untuk membuat alur cerita.

Ketika manusia dan hewan peliharaan benar-benar 'menonton' rekaman yang diedit adalah selama tidur REM saat sistem serotonin tubuh melambat.

Tugas utama serotonin adalah mengendalikan kelompok otot besar, itulah sebabnya kita 'lemas' selama tidur REM, tetapi masih bisa memiliki kelopak mata berkedut, kaki yang bergerak, dan wajah berkedut. Hal itu dianggap sebagai gerakan motorik halus.  

Baca juga: 8 Ras Kucing Berkepribadian Tenang dan Bersahabat

Perbedaan tidur REM dan tidur non-REM 

Ilustrasi kucing tidur dengan selimut selama cuaca dingin.Shutterstock/beton studio Ilustrasi kucing tidur dengan selimut selama cuaca dingin.
Seperti telah dibahas di atas, ada dua jenis tidur, yakni REM dan non-REM. Selama tidur REM, mata orang yang tidur bergerak cepat dan aktivitas otak mirip dengan keadaan terjaga. Ini adalah saat mimpi terjadi.

"Hewan muda menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur REM daripada hewan yang lebih tua karena banyaknya informasi baru yang mereka temui setiap hari dan kebutuhan memproses semuanya," ucap Nelson.  

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Bulu Anjing dan Kucing dari Sofa

Apa yang dimimpikan kucing?  

Manusia bermimpi tentang kehidupan mereka dan kucing tampaknya juga bermimpi tentang kehidupannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com