Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Takut Basah, Ini 6 Penyebab Kucing Membenci Air

Kompas.com - 11/01/2023, 15:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa

Ini mungkin berlawanan dengan sepupu mereka yang lebih besar seperti harimau, kucing hutan, dan macan tutul. Hewan-hewan ini menyukai air dan tidak keberatan berendam untuk mendinginkan diri, bahkan menangkap mangsa di dalam air.  

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Persia, Dicintai Sejumlah Tokoh Dunia

Begitu pun ada beberapa ras kucing tertentu yang menyukai air alias tidak takut air seperti Abyssinian, kucing Savannah, dan Bengal.

Namun, ada beberapa kucing membenci air, tetapi senang bermain dengan keran air yang mengalir, bahkan minum dari keran dapur. 

Eve Elektra Cohen, dokter hewan dari organisasi penampungan dan penyelamatan hewan peliharaan Bideawee, mengatakan daya tariknya kemungkinan lebih pada pergerakan air, suara yang ditimbulkannya, dan cahaya yang memantul darinya. Hal ini menstimulasi dorongan memangsa kucing yang kuat. 

Pakar lain berpikir kucing telah berevolusi dan lebih memilih air keran yang bersih dan aman daripada air tergenang di alam. 

Nah, untuk mendapatkan jawaban jelas, para dokter hewan membagikan penyebab kucing membenci air dikutip dari Reader's Digest, Rabu (11/1/2023).  

Baca juga: 8 Ras Kucing Berkepribadian Tenang dan Bersahabat

Air membuat bulu kucing terasa menjijikkan

Ilustrasi kucing mandiShutterstock/135pixels Ilustrasi kucing mandi
Kucing penasaran yang jatuh ke dalam bak mandi busa atau terjebak di luar saat hujan mungkin akan menghindari air selama sisa hidupnya.

"Ketika basah, bulu kucing menjadi lebih berat, dingin, dan tidak nyaman. Bulu kucing juga membutuhkan waktu lama untuk mengering dengan sendirinya," kata Cohen.

Aspek ketidaknyamanan lainnya adalah kucing adalah makhluk yang cepat, gesit, ringan, mahir melompat, dan menyeimbangkan diri.

Di dalam air, kucing merasa kehilangan kendali karena bulu basah bisa memperlambat gerakannya. Hanya satu pengalaman negatif dapat membuat kucing membenci air untuk selamanya. 

Baca juga: Hindari, Ini 7 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing

Lebih suka mandi di bawah sinar matahari daripada dalam air

Kucing yang suka dipeluk adalah keturunan Felis silvestris lybica, kucing liar kecil yang hidup di lingkungan gurun yang kering di Timur Tengah.

Karena sumber air di sana terbatas, kucing tidak suka bermain-main di air, melainkan menjaga kaki dan bulunya tetap kering dan berjemur di bawah langit gurun.

Menjemur di bawah matahari kemungkinan kebiasaan yang diturunkan ke kucing peliharaan modern yang saat ini senang berbaring di tempat cerah saat tidur. 

Kucing takut pada hal yang tidak diketahui

Ilustrasi kucing berenang.Shutterstock/Irina Kovynyova Ilustrasi kucing berenang.
Kucing bukan penggemar berat hal-hal asing dan tidak terbiasa dengan badan air yang lebih besar daripada tempat air sehingga melihat bak mandi atau kolam renang bisa menjadi hal cukup menakutkan. Ini pula yang menjadi penyebab kucing membenci air. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com